Bagikan:

Pemkab Keerom Siapkan 20 Ribu Hektare Lahan untuk Food Estate

Lahan itu berada di Distrik Arso dan Distrik Senggi.

NUSANTARA

Senin, 13 Jun 2022 08:23 WIB

Pemkab Keerom Siapkan 20 Hektare Lahan untuk Food Estate

Ilustrasi: Kawasan yang akan dijadikan food estate di Kabupaten Keerom, Papua. Foto: KBR/Musyafa

KBR, Jayapura- Pemerintah Kabupaten Keerom, Papua, menyiapkan lahan puluhan ribu hektare untuk mendukung program food estate atau lumbung pangan.

Bupati Keerom, Piter Gusbager mengatakan lahan itu disiapkan lantaran kabupaten yang dipimpinnya merupakan salah satu daerah di Papua, yang masuk dalam program food estate pengembangan tanaman jagung. Lahan itu berada di Distrik Arso dan Distrik Senggi.

"Pelaksanaan pengembangan budidaya jagung 20 (ribu) hektare, sesuai arahan Pak Presiden. Eksekusi penanaman tahun ini seluas 500 hektare. Kita pada prinsipnya sudah persiapan 90 persen, sudah siap," kata Piter Gusbager, Senin, (13/6/2022).

Baca juga:

Urusi Lumbung Pangan, Kemenhan akan Rekrut Komponen Cadangan

Katanya, Pemkab Keerom terus berkoordinasi dengan satuan kerja dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, untuk percepatan program ini.

Akan tetapi, Pemkab Keerom meminta pemerintah terlebih dahulu menyiapkan regulasi, sebagai payung hukum. Regulasi itu juga untuk jaminan keberlangsungan pelaksanaan program food estate di sana.

"Kita harapkan pada level regulasi ada semacam peraturan presiden, Keerom masuk dalam kawasan pembangunan strategis atau apa pun namanya. Dengan regulasi yang jelas, itu ada kepastian hukum dalam keberlanjutan program ini," kata Piter.

Bupati Keerom, Papua, Piter Gusbager, Papua menambahkan, pengembangan tanaman jagung seluas 20 ribu hektare, akan dilakukan secara bertahap.

Ditargetkan hingga 2023 mendatang, 3 ribu hektere tanaman jagung sudah ditanam. Setelah itu pengembangan jagung akan dilanjutkan hingga mencapai 5 hektare, 10 hektare dan 20 hektare.

Kata dia, Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan pada Kemenko Maritim dan Investasi, Sugeng Harmono, telah berkunjung ke Kabupaten Keerom pada pekan lalu. Kunjungan itu untuk memastikan kesiapan pelaksanaan food estate di Kabupaten Keerom, Papua.

Editor: Sindu

Catatan Redaksi:

Selasa, 02 Agustus 2022, sekira pukul 11.28, Redaksi mengubah keterangan luasan lahan yang disiapkan Pemkab Keerom untuk program lumbung pangan, yakni dari 20 hektare menjadi 20 ribu hektare. Perubahan dilakukan pada judul dengan menambahkan kata "ribu", dan di dalam artikel. Perbaikan dilakukan setelah ada koreksi jumlah luasan lahan dari kontributor. 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

“Konversi Kompor Induksi untuk Tekan Subsidi Elpiji”

HUT RI Ke-77, Nasionalisme dan Prestasi Anak Bangsa

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending