Bagikan:

Nakes di Sorong Selatan Minta Jaminan Keamanan

Dua rekan mereka kini kritis akibat diserang orang tak dikenal.

NUSANTARA

Selasa, 07 Jun 2022 18:30 WIB

Nakes di Sorong Selatan Minta Jaminan Keamanan

Ilustrasi: Petugas bersiap menyuntikkan vaksin di gedung Batalyon 762 Vira Yudha Sakti, Sorong, Papua Barat. Senin (4/10/21). (Foto: Antara/Olha Mulalinda

KBR, Jayapura- Ratusan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di pedalaman Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat meminta jaminan keamanan.

Permintaan itu disampaikan para nakes setelah dua rekan mereka kini kritis akibat diserang orang tak dikenal, akhir Mei 2022.

Menurut perwakilan nakes yang bertugas di pedalaman Sorong Selatan, Susanti, ia dan ratusan rekannya kini resah. Mereka tidak lagi merasa aman dan nyaman di tempat tugas.

Karena itu, para nakes ingin ada jaminan keamanan dari polisi dan TNI, agar mereka tenang dalam melaksanakan tugas.

"Harapan kami, di manapun, tempat manapun tenaga kesehatan bertugas, (kami) berharap tolonglah untuk para anggota anggota (keamanan) ditempatkan. Minimal di suatu daerah itu ada beberapa orang (aparat keamanan) untuk mengawal kami tenaga kesehatan," kata Susanti, Selasa, (7/6/2022).

Perwakilan nakes, Susanti mengatakan setelah peristiwa penyerangan dua nakes itu, ia dan rekan-rekannya yang bertugas di pedalaman khawatir akan keselamatan mereka.

Menurutnya, beberapa nakes bahkan memilih meninggalkan tempat tugas mereka, dan kembali ke ibu kota kabupaten. Selain itu, sebagian nakes yang berstatus tenaga kontrak, enggan kembali ke tempat tugas, sebelum ada jaminan keamanan.

Solusi

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sorong Selatan, Martina Atanai mengatakan bakal mengumpulkan seluruh kepala puskesmas dan perwakilan nakes di daerah terpencil. Tujuannya untuk bersama-sama mencari solusi.

Ia mengklaim, bupati setempat juga telah meminta kepolisian segera mengungkap dan menangkap pelaku penyerang dua nakes.

Penyerangan

Dua nakes di Sorong Selatan, Papua Barat, diserang menggunakan senjata tajam oleh orang tidak dikenal, Jumat, 27 Mei 2022. Kedua korban bertugas di Puskesmas Saifai, Kampung Mlasuat, Distrik Saifai, Kabupaten Sorong Selatan, Papua.

Awalnya, korban mengendarai sepeda motor berboncengan, kemudian ditabrak orang tak dikenal. Ketika kedua nakes terjatuh, pelaku lantas menganiaya korban. Peristiwa ini terjadi saat kedua nakes itu dalam perjalanan ke tempat tugas.

Satu korban terluka akibat tusukan benda tajam dan satu lainnya mengalami luka serius akibat terjatuh.

Polisi mengaku telah memeriksa sejumlah saksi pascakejadian itu. Kepolisian mengklaim, identitas terduga pelaku telah diketahui dan kini dalam pencarian.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif