Bagikan:

Merauke Jadi Daerah Pemasok Hewan Kurban di Papua

Sejumlah kabupaten di Papua mengajukan permintaan hewan kurban ke Kabupaten Merauke.

NUSANTARA

Kamis, 23 Jun 2022 12:37 WIB

Merauke Jadi Daerah Pemasok Hewan Kurban di Papua

Ilustrasi: penjualan hewan kurban menjelang Iduladha. Foto: KBR/Zainuddin Syafari

KBR, Jayapura- Kabupaten Merauke, Papua, ditunjuk sebagai salah satu daerah pemasok hewan kurban ke berbagai wilayah di sana. Penunjukkan itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Kebijakan ini diambil pemprov untuk mencegah masuknya penyakit mulut dan kuku atau PMK pada ternak ke Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Peternakan Merauke, Martha Bayu Wijaya mengatakan Pemprov Papua hanya mengizinkan kabupaten/kota di sana memasok hewan kurban dari wilayah di Papua dan Papua Barat.

"Kami pada prinsipnya kami siap, karena sesuai surat dari kepala dinas provinsi, Kabupaten Merauke merupakan salah satu kabupaten untuk pemasok ternak. Jadi, kami dari sisi ketersediaan, kami siap. Jadi nanti ada tim selektor yang juga akan menyeleksi hewan-hewan calon kurban tersebut," kata Martha Bayu Wijaya, Kamis, (23/6/2022).

Kata dia, sudah ada sejumlah kabupaten di Papua yang mengajukan permintaan hewan kurban ke Kabupaten Merauke, di antaranya, Mappi, Asmat, Biak Numfor, dan Mimika.

"Permintaan hewan kurban dari Kabupaten Mimika kurang lebih 400 ekor. Jadi, bukan hanya Timika saja, tapi kemarin juga dari Kabupaten Yahukimo, Yahukimo sudah terpenuhi," ujarnya.

Martha menambahkan, hingga kini Kabupaten Merauke telah memasok 296 ekor sapi kurban ke lima daerah. Yakni, ke Kabupaten Mappi sebanyak 40 ekor, Yahukimo 10 ekor, Asmat 19 ekor, Biak Numfor 7 ekor, dan Mimika Mimika 220 ekor.

Baca juga:

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa menyatakan untuk sementara waktu pemprov melarang pasokan hewan kurban dari luar Papua. Kebijakan ini bagian dari upaya mencegah masuknya PMK pada hewan ke wilayah itu.

Kata dia, pada tahun ini kebutuhan hewan kurban di berbagai wilayah di Papua sebanyak 1.600 ekor. Pemenuhan pasokan hewan kurban itu akan dilakukan oleh Kabupaten Merauke dan Keerom.

"Hingga kini belum ditemukan ada kasus PMK pada hewan di Papua. Makanya, kami berupaya mencegah agar penyakit ini tidak sampai masuk ke Papua," kata Samuel Siriwa.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Drama Pemeriksaan Gratifikasi Gubernur Lukas Enembe

Most Popular / Trending