Terdampar di Aceh, Sekitar 100 Pengungsi Rohingya akan Diperiksa Kesehatannya

”Awalnya dari informasi 3 orang nelayan dari Seunuddon, menemukan kapal pengungsi yang akan tenggelam."

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 25 Jun 2020 08:14 WIB

Author

Erwin Jalaludin

Terdampar di Aceh, Sekitar 100 Pengungsi Rohingya akan Diperiksa Kesehatannya

KBR,  Aceh–  Sebanyak 94  pengungsi rohingnya yang terdampar di Aceh akan menjalani tes kesehatan. Sebelumnya mereka ditemukan terdampar diperairan Kuala Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara,  Rabu (24/6). Mereka terdampar sekitar 4 mil dari bibir pantai Selat Malaka.

Kepolres Aceh Utara, Try Hadiyanto mengatakan, warga asal negara Myanmar itu sekarang dievakuasi menggunakan Kapal Motor (KM) 2017.811 milik nelayan setelah kapal barang yang ditumpanginya nyaris terbalik di lautan lepas. 

”Kita akan lakukan tes kesehatan terlebih dahulu sesuai protokol yang telah ditetapkan. Mudah-mudahan semuanya baik-baik saja,” kata Tri Hadiyanto.   

Kata Dia, pengungsi rohingnya yang terdampar itu terdiri dari Laki-laki dewasa berjumlah 15 orang, perempuan 49 orang dan Anak-anak 30 orang.

”Awalnya dari informasi 3 orang nelayan dari Seunuddon, menemukan kapal pengungsi yang akan tenggelam. Kemudian kapal Kita dari sini (Aceh Utara-red) menyelamatkan pengungsi tersebut, ” kata Tri Hadiyanto kepada KBR.

Kapolres menambahkan, polisi belum mengetahui secara pasti tujuan kedatangan warga pengungsi Myanmar tersebut. Ia melanjutkan,  bersama imigrasi dan instasi terkait Pemkab Aceh Utara sedang berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut WNA tersebut.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Bagaimana Ketersediaan Tenaga Medis untuk Penanganan Covid-19

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15