BERITA

Kota Sabang Diguncang Gempa, Belasan Bangunan Hancur

Kota Sabang Diguncang Gempa, Belasan Bangunan Hancur

KBR, Banda Aceh - Gempa bumi berkekuatan 3,8 magnitudo mengguncang Kota Sabang, Aceh, pada Kamis pagi (4/6/2020).

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mata'ie Banda Aceh, titik pusat gempa berjarak 5 kilometer dari sebelah tenggara Banda Aceh.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang Budiman melaporkan gempa tersebut mengakibatkan belasan bangunan hancur. Warga sempat panik, terlebih beberapa kali gempa susulan terus mengguncang Sabang.

"Sekarang kondisinya sudah kondusif. Dari gempa pertama sekitar pukul 5 pagi tadi, sampai saat ini tercatat ada 11 kali gempa susulan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, juga tidak ada pengungsian," kata Budiman kepada KBR, Kamis (4/6/2020).

Budiman menyebut belasan bangunan terdampak gempa itu mengalami kerusakan bervariasi dari rusak berat sampai rusak ringan. Juga terdapat bangunan rusak milik pemerintah dan tempat pendaratan ikan (TPI).

"Ada satu ruko rusak berat dan kantor kemukiman, empat ruko rusak sedang. Kemudian, dua rumah rusak ringan, serta dua bangunan milik pemerintah dan satu TPI juga mengalami kerusakan," sebutnya.

Sampai saat ini BPBD Kota Sabang masih melakukan pendataan dan membantu warga membersihkan puing bangunan yang roboh diguncang gempa. 

Editor:Agus Luqman 

  • bencana
  • gempa
  • aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!