Hari ini Puncak Arus Mudik dari Pelabuhan Gilimanuk

"Kita skenarionya gimana mempercepat bongkar muat kendaraan yang turun dari kapal maupun yang naik ke kapal,"

BERITA | NUSANTARA

Senin, 03 Jun 2019 11:22 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Hari ini Puncak Arus Mudik dari Pelabuhan Gilimanuk

Pemudik dengan sepeda motor memadati lapangan parkir Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali (1/6/2019) Malam. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi- Puncak arus mudik dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, terjadi  hari ini Senin (3/6/2019) atau H-2 Hari Raya Idul Fitri 2019. Berdasarkan pantauan KBR di lapangan peningkatan penumpang yang menyebrang ke Pulau Jawa  sudah terjadi sejak   Minggu malam (2/6/2019).

Hingga  Senin pagi ini kedatangan penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk cukup padat. Sebagian besar  kendaraan roda dua dan roda empat campuran.

Berdasarkan data dari posko mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, jumlah kendaraan roda dua  yang menyeberang ke Pulau Jawa hingga Senin Pagi  mencapai 16 ribu unit lebih. Sedangkan untuk kendaraan roda empat campuran mencapai 8400 unit lebih. Sdangkan untuk penumpang pejalan kaki mencapai  77.200 orang lebih.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Fahmi Alweni mengatakan, untuk  mengurai kepadatan penumpang  telah mempercepat bongkar muat kapal di kedua Pelabuhan. Dari waktu 30 menit menjadi 15 menit.

Selain itu 11 loket tambahan juga telah dioperasikan untuk melayani para  pemudik  di Pelabuhan Gilimanuk.

“Kita tetap armada 32. Tinggal kita skenarionya gimana mempercepat bongkar muat kendaraan yang turun dari kapal maupun yang naik ke kapal, sehingga pergerakan lebih cepat. Kita tetap prediksi H-2 dan H-3,” kata Fahmi Alweni hari ini Senin (3/6/2019) di Banyuwangi.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Fahmi Alweni meambahkan, untuk  jumlah kapal yang dioperasikan pada puncak arus mudik  tahun ini mencapai 32 unit. Jumlah ini dirasa mampu untuk mengangkut lonjakan penumpang di Pelabuhan Gilimanuk Bali. Kata dia, jika jumlah kapal yang beroperasi dirasa tidak mencukupi akan ditambahkan kapal yang disiagakan di kedua pelabuhan.

Sementara itu, untuk kondisi penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, terpantau ramai lancar. Kendaraan yang menyeberang ke  Pulau Bali didominasi kendaraan roda empat pribadi. Mereka merupakan wisatawan yang  memanfaatkan libur panjang Hari Raya Idul Fitri untuk berlibur ke Pulau Dewata Bali.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Pekan Diplomasi Iklim

Pekan Diplomasi Iklim

Kabar Baru Jam 18