BERITA

Kadin Siap Bantu Ekspor Kopi Bondowoso

Kadin Siap Bantu Ekspor Kopi Bondowoso

KBR, Bondowoso – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tengah menjajaki rencana ekspor kopi rakyat Bondowoso ke berbagai belahan dunia. Perwakilan Kadin Indonesia, Junaidi dalam kunjungannya ke Bondowoso mengatakan, lembaganya saat ini sedang melakukan survei untuk mengetahui lebih detil produksi kopi Bondowoso dari penanaman hingga panen.

“Kami tertarik untuk melakukan survei seperti apa kopi Bondowoso ini. Kami sebelumnya sudah mengekspor rempah–rempah ke Belanda dan Jepang. Selanjutnya bagaimana kopi Bondowoso ini kita perluas ekspansinya ke pasar Internasional,” kata Junaidi, Sabtu (18/6/2016).

Dikatakan Junaidi, dalam waktu dekat, perusahaan ekspor milik Kadin Indonesia akan kembali datang ke Bondowoso untuk melihat semua proses pengolahan kopi sehingga bisa diketahui kualitas dan pangsa pasar yang cocok untuk kopi Bondowoso.

“Karena kopi Indonesia ada banyak, dan masing–masing punya ciri khasnya sendiri. Kami ingin tahu untuk kopi Bondowoso apa yang menjadi ciri khas sehingga bisa menentukan pasar yang tepat,” imbuhnya.

Kopi Bondowoso hasil produksi petani di lereng Gunung Ijen dan Raung sudah diekspor sejak 2011 lalu. Kerjasama dengan eksportir lain terus dijajaki untuk memperluas pasar ekspor.

Editor: Sasmito

  • kopi bondowoso
  • Ekspor Kopi Bondowoso
  • KADIN

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!