BERITA

Jelang Mudik, Perbaikan Jalur Padat Kereta di Jombang Dikebut

""Yang dilakukan tadi itu pengencangan baut-baut. Itu untuk menjamin keselamatan. ""

Muji Lestari

Jelang Mudik, Perbaikan Jalur Padat Kereta di Jombang Dikebut
Petugas tengah memperbaiki rel jalur persimpangan kereta di area Stasiun Jombang. (Foto: KBR/Muji L.)

KBR, Jombang– Menjelang mudik lebaran, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menggenjot perbaikan dan pengecekan kondisi rel kereta. Perbaikan dilakukan untuk mengantisipasi kereta anjlok akibat padatnya arus kereta selama mudik maupun arus balik.

Kepala Stasiun Jombang, Sutrisno, mengatakan, perbaikan dilakukan sekaligus untuk memberikan jaminan pengguna kereta api agar aman selama menjalani mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, Jalur kereta di Jombang merupakan salah satu jalur padat, baik kereta jarak dekat maupun jarak jauh.


Petugas saat ini berkonsentrasi pada pengecekan kerapatan wesel atau jalur simpangan di sekitaran stasiun Jombang. Kerapatan wesel itu penting dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan saat terjadi perpindahan jalur dan arah kereta sesuai tujuan.  


“Dan untuk yang dilakukan tadi itu pengencangan baut-baut. Itu untuk menjamin keselamatan. Yang paling rawan menurut kami kalau secara perjalanan kereta api kami sudah persiapan sedemikian rupa," kata Sutrisno, Kamis (16/06/16).


Perbaikan dilakukan dengan mengencangkan baut yang lepas maupun kendor. Selain itu petugas juga memberikan pelumas di sekitar rel yang sering bergerak mengubah jalur kereta. Sekaligus penyambungan ulang di titik-titik yang mengalami pengeroposan akibat pemuaian.


Petugas mengakui saat ini terus melakukan perbaikan dan pemeriksaan di jalur-jalur yang rawan.  Selain membenahi wesel di jalur persimpangan, petugas juga memeriksa peralatan lain seperti lonceng bunyi kereta sebagai tanda kereta akan bergerak maupun tiba di lokasi stasiun. Apalagi pada masa mudik lebaran nanti tingkat kedatangan dan keberangkatan kereta dipastikan akan lebih tinggi.


Editor: Rony Sitanggang
  • mudik 2016
  • Kepala Stasiun Jombang
  • Sutrisno
  • PT. Kereta Api Indonesia (KAI)

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!