Harga Bahan Pokok dan Sayuran di Balikpapan Terus Membumbung

"Kita mau saja beli (dari agen) agak tinggi, tapi kita nggak bisa beli karena tidak ada yang jual," kata seorang pedagang pasar di Balikpapan.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 08 Jun 2016 11:09 WIB

Author

Teddy Rumengan

Harga Bahan Pokok dan Sayuran di Balikpapan Terus Membumbung

Harga sayuran di Sub Terminal Agribisnis Jetis, Bandungan, Semarang Jawa Tengah menurun karena pasokan berlimpah. Namun di sejumlah daerah, seperti Balikpapan, harga sayuran justru terus naik. (Foto:

KBR, Balikpapan – Harga sejumlah komoditi di pasar tradisional Kota Balikpapan Kalimantan Timur terus merangkak naik dalam dua pekan terakhir.

M Sultan, salah seorang pedagang di Pasar Pandansari, Kota Balikpapan mengatakan sulit memperkirakan harga kebutuhan pokok. Biasanya, menjelang Ramadan maupun Lebaran harga kerap tidak stabil.

Sultan mengatakan menjelang Ramadan harga barang kebutuhan pokok biasanya sudah naik. Begitu juga sesaat sebelum Lebaran harga pun bisa melonjak. Namun usai Ramadan atau Lebaran harga bisa turun ataupun stabil kembali. Kondisi ini menjadi tradisi setiap tahun di Balikpapan.

Saat ini, harga beras yang sebelumnya Rp11 ribu per kilogram naik menjadi Rp15 ribu per kg. Harga gula pasir dari sebelumnya Rp12 ribu naik menjadi Rp15 ribu per kg. Harga minyak goreng dari sebelumnya Rp12 ribu naik menjadi Rp15 ribu per liter. Sedangkan harga telur sebelumnya Rp35 ribu per piring menjadi Rp40 ribu.

"Sekarang itu kadang harga barang tinggi kita serba salah. Kita mau saja beli (dari agen) agak tinggi, tapi kita nggak bisa beli karena tidak ada yang di jual, ya itu serba salah. Sulit diprediksi karena pasaran sepi," kata M. Sultan, Rabu (08/6).

Begitu pun harga sayur mengalami kenaikkan. Harga kangkung sebelumnya Rp2,500 per ikat menjadi Rp5 ribu. Sawi dari sebelumnya Rp5 ribu menjadi Rp10 ribu. Kacang panjang sebelumnya Rp4 ribu menjadi Rp10 ribu.

Harga wortel juga melonjak hingga diatas 50 persen, dari sebelumnya berkisar Rp13 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp30 ribu. Bawang merah sebelumnya Rp45 ribu kini menjadi Rp55 ribu per kilogram.

Sedangkan bawang putih dari sebelumnya Rp40 ribu naik menjadi Rp50 ribu per kg. Harga cabe mulai dari cabe rawit ataupun keriting serta cabe besar juga naik, dengan kenaikan rata-rata Rp5 ribu.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 7

Inisiatif Daur Pangan di Masa Pandemi

Mama 'AW': Menerobos Semak Berduri

Kabar Baru Jam 8