Bagikan:

Gempa Ternate, Belasan Rumah dan Gereja Rusak

Informasi tersebut didapat dari Kecamatan Batang Dua, kota Ternate.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 08 Jun 2016 10:54 WIB

Gempa Ternate, Belasan Rumah dan Gereja Rusak

Ilustrasi gempa. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Sebanyak 18 rumah rusak, 4 diantaranya rusak berat dan satu bangunan gereja rusak akibat Gempa berskala 6,6 skala richter yang mengguncang Ternate, Maluku Utara pukul 06.00 WIB. 

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ternate, Hasyim Yusuf mengatakan, informasi tersebut didapat dari Kecamatan Batang Dua, kota Ternate. Meski demikian, kata dia, pihaknya masih terus melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti kerugian dan korban jiwa.

"Selain menunggu laporan dari daerah yang terdampak, kami juga sudah menurunkan tim ke lokasi gempa seperti di Ternate dan beberapa wilayah lainnya. Saat ini mereka tengah mendata kerusakan, dan juga kebutuhan masyarakat yang menjadi korban gempa," ujarnya ketika dihubungi KBR.

Hasyim Yusuf menjelaskan, meski tidak menimbulkan tsunami, gempa mengakibatkan warga berhamburan keluar rumah, karena panik.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika setempat juga melaporkan, telah terjadi dua kali gempa susulan dengan kekuatan 4,3 Skala Richter.

Selain itu, Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, dalam risilnya juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Gempa yang selalu berulang di wilayah kita hendaknya menjadi pengungkit untuk selalu menyiapkan diri mengantisipasi gempa," ujarnya.

Editor: Sasmito 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

Kiprah dan Harapan Satu Abad NU

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending