BERITA

Gempa Dangkal di Sumbawa Terasa Sampai Bali

" BMKG menyatakan gempa Sumbawa tidak berpotensi tsunami."

Gempa Dangkal di Sumbawa Terasa Sampai Bali
Ilustrasi alat pendeteksi getaran gempa bumi. (Foto: penanggulangankrisis-depkes.go.id)

KBR, Jakarta - Gempa dangkal berkekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang kawasan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.


Otoritas pemantau gempa BMKG menyebutkan gempa terjadi sekitar pukul 11.13 WIB pada Kamis (9/6/2016) dengan kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut.


Pusat gempa berjarak 286 kilometer arah barat daya Sumbawa Barat, atau sekitar 300 kilometer wilayah tenggara Klungkung Bali.


BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.


Gempa terasa hingga Kuta Bali dalam skala 3 MMI antara tiga hingga empat detik. Di Mataram gempa terasa dengan kekuatan 2 hingga 3 MMI, dan di Bima Nusa Tenggara Barat terasa dalam skala 1 MMI.


Getaran gempa di bawah 6 Skala MMI tidak berpotensi merusak bangunan.


Dengan melihat intensitas gempa tersebut maka dapat diprediksikan bahwa dampak gempa tidak merusak.


BMKG menyebutkan sumber gempa berada di jalur pertemuan lempeng tektonik antara Lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia.


Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB mengabarkan pada saat gempa terjadi warga di kawasan Nusa Tenggara dan Lombok berhamburan ke luar rumah.


Di Lombok Timur (NTB) guncangan gempa dirasakan di level sedang. BNPB belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan maupun korban jiwa.
 

  • gempa
  • BMKG
  • BNPB
  • lempeng tektonik
  • gempa bumi
  • Sumbawa
  • Lombok Timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!