Gelombang Tinggi, Ribuan Nelayan Trenggalek Tak Melaut

Akibat cuaca buruk ini, harga ikan laut di pasaran meningkat tajam. Beberapa jenis ikan laut yang biasanya dijual Rp 10 ribu/kilogram menjadi Rp 15 ribu/kilogram

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 09 Jun 2016 13:34 WIB

Author

Adhar Muttaqin

Gelombang Tinggi, Ribuan Nelayan Trenggalek Tak Melaut

Kapal nelayan Trenggalek bersandar di pelabuhan. Foto: Adhar Muttaqin

KBR, Trenggalek - Ribuan nelayan di perairan selatan Trenggalek, Jawa Timur tak melaut sejak sepekan terakhir lantaran cuaca buruk dan gelombang tinggi di laut selatan Jawa.

Salah seorang nelayan, Nuryatim mengatakan kondisi gelombang di laut selatan saat ini cukup tinggi, bahkan di tengah laut ketinggian gelombang mencapai empat meter. Selain itu, cuaca di tengah laut masih sering hujan deras disertai petir, kondisi tersebut cukup berbahaya dan mengancam keselamatan para nelayan.

"Rata-rata untuk nelayan, khususnya nelayan porsin semuanya berhenti, jadi tidak aktifitas untuk pelayaran, karena membahayakan," katanya kepada KBR pada Kamis, 9 Juni 2016. 

Nuryatim menambahkan, saat ini para nelayan memilih untuk menyandarkan kapal-kapalnya di Pelabuhan Perikananan Nusantara (PPN) Prigi dan memperbaiki peralatan tangkap yang mengalamai kerusakan.

Meski demikian sejumlah nelayan di pesisir Trenggalek masih ada yang nekat melaut, namun hanya di seputar Teluk Prigi yang dinilai masih cukup aman. Kondisi cuaca buruk ini diprediksi masih akan terjadi hingga sepekan mendatang.

Akibat cuaca buruk ini, harga ikan laut di pasaran meningkat tajam. Beberapa jenis ikan laut yang biasanya dijual Rp 10 ribu/kilogram menjadi Rp 15 ribu/kilogram.


Editor: Damar Fery Ardiyan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Samoa Menetapkan Status Darurat Campak

Laporan Prakiraan Cuaca Sepekan Ke Depan Dari BMKG

Bakal Eksklusif, Masuk Pulau Komodo Mesti Pakai Membership?

Kabar Baru Jam 8