BERITA

Evakuasi Tahap 2 Penumpang KM Bukit Raya Masih Berlangsung

"Penyebabnya, lantaran kondisi arus sungai dan kondisi kedalaman air yang tak mencukupi dilalui kapal."

Edho Sinaga

Evakuasi Tahap 2 Penumpang KM Bukit Raya Masih Berlangsung
Sejumlah penumpang KM Bukit Raya dari Surabaya menuju Pontianak yang kandas di Muara Jungkat, Kabupaten Mempawah Kalbar, menunggu proses Evakuasi. (Foto: KBR/ Edho Sinaga)

KBR, Pontianak – Sebanyak 1.636 penumpang KM Bukit Raya rute Surabaya-Pontianak terkatung-katung sepanjang hampir 18 jam akibat kapal yang ditumpangi kandas di Muara Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Kapal yang seharusnya bersandar di Pelabuhan Dwikora Pontianak Jumat (3/6) kemarin, tak bergerak akibat arus dan ketinggian air di Sungai Kapuas tak kunjung surut.

Menurut pengakuan salah seorang penumpang , Sutikno (51), kapal itu kandas sejak Jumat pukul 17.00 WIB dan tak kunjung bergerak hingga Sabtu pagi. Ia pun menjelaskan, suasana penumpang saat itu tak terlalu panik. Namun memang, hampir semua penumpang mengamankan barang bawaannya ke dek kapal bagian atas.

Ia pun heran, penyebab kapal tiba-tiba tak bergerah sehingga penumpang terpaksa harus menunggu berjam-jam.

“Kami sampai di sini sudah kemarin, jam 5 sore sudah kandas, cuaca bagus–bagus saja. Seharusnya jika tidak kandas kemarin jam 8 malam sudah tiba di Pontianak. Kata orang Pelni, saya akan dievakuasi malam ini, ada kapal yang datang, tapi sampai sekarang belum ada. Tanggung jawab siapa ini, saya datang sendiri, tapi barang–barang yang saya bawa sangat banyak," ceritanya kepada KBR di atas KM Bukit Raya, Sabtu (04/06).

Di sela waktu tunggu itu, Sutikno mengatakan, manajemen kapal memberikan makanan dan minuman untuk para penumpang. Namun kata dia, tak seluruh penumpang kebagian, utamanya air mineral.


Penyebab KM Bukit Raya Kandas

Sementara itu, Kapolsek KP3L Pelabuhan Dwikora Pontianak, Raden Real Mahendra saat ditemui di kantornya menjelaskan, KM Bukit Raya kandas saat melakukan perjalanan dari Surabaya ke Pontianak dan, hendak melanjutkan pelayaran ke Natuna, Jumat (3/6).

Sedianya kapal penumpang ini bersandar di Pelabuhan Dwikora pada Jumat malam pukul 20.00 WIB. Namun hingga setengah jam tak kunjung tiba. Dari pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) diketahui kemudian bahwa kapal tersebut kandas. Penyebabnya, lantaran kondisi arus sungai dan kondisi kedalaman air yang tak mencukupi dilalui kapal.

Selanjutnya, untuk mengatasi insiden ini menurut Kapolsek Raden, pihak KSOP langsung mengambil insiatif melakukan evakuasi terhadap seluruh penumpang KM Bukit Raya menggunakan kapal ferry.

Raden menambahkan, pagi tadi petugas baru berhasil mengevakuasi 550 penumpang. Sedangkan hingga kini, evakuasi tahap kedua masih terus berlangsung.



Editor: Nurika Manan

  • KM Bukit Raya
  • Kapal Penumpang Kandas
  • Kalimantan Barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!