Di Banyumas, Penjualan Daging Sapi Beku Langsung Ludes dalam Sehari

"Dijual dengan harga Rp80 ribu hingga Rp 85 ribu per kilogram. Tiap orang maksimal dua kilogram," kata Juru bicara Bulog Divre Banyumas Priyono.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 13 Jun 2016 15:37 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Di Banyumas, Penjualan Daging Sapi Beku Langsung Ludes dalam Sehari

Ilustrasi. Stok daging beku impor dari Australia di gudang Bulog Divre III Sumatera Selatan. (Foto: ANTARA)

KBR, Banyumas – Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre 4 Jawa Tengah wilayah Banyumas mulai menjual daging sapi beku pada Senin (13/6/2016).

Juru Bicara Bulog Sub Divre 4 Banyumas, Priyono mengatakan pada pagi ini 250 kilogram daging beku langsung ludes dibeli warga.

Daging beku dijual dengan harga maksimal Rp 85 ribu, jauh lebih rendah dari harga daging sapi lokal yang mencapai kisaran Rp 115 ribu hingga Rp 120 ribu per kilogram.

Untuk menghindari daging beku dijual lagi, Bulog membatasi tiap orang hanya boleh membeli sebanyak dua kilogram.

Priyono menjelaskan saat ini penjualan daging sapi beku di wilayah Bulog Sub Divre 4 baru untuk Kabupaten Banyumas.

Sedangkan untuk tiga kabupaten lain, yakni Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga menunggu giliran distribusi daging beku.

Tiap wilayah dijatah setidaknya 250 kilogram daging beku per hari, dan bisa ditambah sesuai dengan permintaan pasar.

"Sasarannya masyarakat umum. Ini dagingnya daging beku biasa, daging dari pemerintah. Dijual dengan harga Rp80 ribu hingga Rp 85 ribu per kilogram. Tiap orang maksimal dua kilogram. Tadi habis 250 kilogram. Ini dilakukan sampai menjelang lebaran, bahkan kemungkinan juga setelah lebaran.  Cuma nanti kita kan tinggal laporan ke pusat. Jika ini sudah habis, tinggal dropping lagi lalu jual lagi. Tidak ada (jatah), itu tergantung kebutuhan kita saja," kata Priyono.

Sementara ini Bulog baru menjual daging beku di pasar murah halaman Kantor Bulog. Namun, Bulog akan mendistribusikan daging dan bahan pokok jika Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID) Banyumas menganggap sudah merekomendasikan dilaksanakannya operasi pasar.

Pada pasar murah yang digelar Bulog Subdivre IV Banyumas, harga beras premium dijual dengan harga Rp 8.700 per kilogram, gula pasir Rp13 ribu per kilogram, minyak goreng Rp11.750 per kilogram dan bawang putih Rp 30 ribu per kilogram.

Harga-harga ini lebih rendah antara Rp2.000 hingga Rp3.500 dibanding harga pasaran.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18