BERITA

Di Balikpapan, Harga Daging Sapi Mulai Naik

Di Balikpapan, Harga Daging Sapi Mulai Naik
Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Balikpapan– Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Balikpapan mulai merangkak naik dan diperkirakan akan melonjak tajam sebelum Lebaran. Siswanto salah satu penjual daging sapi di pasar tradisional Klandasan Balikpapan mengatakan, saat ini harga daging sapi sekitar Rp 120 ribu/Kg dari sebelumnya Rp 117 ribu/Kg.

Menurutnya, harga daging sapi kemungkinan bisa tembus Rp 150 ribu/Kg sebelum Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena saat ini pasokan daging sapi terus berkurang.

Mengenai permintaan Presiden Joko Widodo agar harga daging sapi dibawah Rp 80 ribu per Kg, kata Siswanto akan sulit terwujud. Karena saat ini harga daging sapi justru telah naik.

"Belum ada nih, malah kenaikkan (harganya naik), turunnya malah gak ada nih. Sebelumnya harganya Rp 117 ribu. Nah itu urusan presiden itu, bukan urusan kita," kata Siswanto, Jumat (10/06).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyarankan masyarakat menahan diri agar tidak terlalu mengkonsumsi daging sapi, karena harganya yang mulai merangkak naik. Kendati begitu dia meminta masyarakat tidak khawatir, karena stok daging sapi di Balikpapan mencukupi.

Di Bandung, Termahal Rp 130 rb/Kg

Sementara itu harga jual sapi lokal hidup dikalangan peternak di Provinsi Jawa Barat dipatok Rp 48.000 per kilogramnya. Sedangkan, untuk harga sapi usai dari rumah potong yaitu Rp 95.000 per kilogramnya.

Menurut salah satu peternak sapi asal Limbangan, Garut, Jawa Barat, Yanyan Herdiyan, harga itu mayoritas dipatok oleh sebagian besar peternak sejak awal bulan tahun ini.

"Dari peternak itu kan harganya Rp 48.000 per kilo yang sudah dipotong. Jadi nanti datangnya ke pasaran itu dipatok harga Rp 110.000 per kilo. Nah kemungkinan dinaikkan oleh pedagang menjadi Rp 120.000 sampai Rp 130.000 per kilo tergantung daerah masing - masing. Terus kalau kata pemerintah harus dijual Rp 85.000 per kilo jelas peternak mah keberatan," ujarnya di Bandung, Jumat (10/6).

Yanyan Herdiyan menambahkan permintaan penurunan harga jual daging sapi potong oleh pemerintah dianggap mustahil dilakukan. Karena, pemeliharaan sapi sejak memasuki tahun ini mengalami penaikan ongkos perawatan. Salah satunya untuk mengeluarkan uang, lebih dari Rp 1 juta untuk pakan dan vitamin untuk sapi.

Di Jawa Barat beberapa daerah ternak sapi seperti di Garut, Tasikmalaya, Karawang dan Indramayu dianggap tidak mengalami kendala dalam persediaannya. Sementara di Kota Bandung sendiri, tidak lebih dari dua tempat untuk peternakan sapi ini, contohnya di Bandung Timur. 

Editor: Dimas Rizky

  • harga daging sapi
  • harga jelang lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!