BMKG Mulai Beri Notifikasi Gempa Lewat SMS

"Nomor HP-nya tidak perlu didaftar. Nomor yang terjangkau oleh GPS secara otomatis akan menerima informasi gempa bumi dari BMKG," kata Koordinator BMKG Wilayah Sumbar, Rahmat Triyono.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 22 Jun 2016 10:15 WIB

Author

Zulia Yandani

BMKG Mulai Beri Notifikasi Gempa Lewat SMS

Ilustrasi alat pendeteksi gempa. (Foto: www.penanggulangankrisis-depkes.go.id)

KBR, Padang - Warga Sumatera Barat, pada Selasa (21/6/2016) malam, untuk pertama kalinya mendapat info gempa lewat telepon seluler langsung dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pemberitahuan atau notifikasi gempa itu disampaikan melalui pesan singkat SMS.

Tidak hanya warga Sumatera Barat, warga asal kota lain tapi sedang berada di Sumatera Barat juga saat itu mendapat SMS di ponsel mereka.

Kordinator BMKG Wilayah Sumatera Barat, Rahmat Triyono mengatakan sebenarnya kerjasama BMKG dengan Kementerian Kominfo sudah dimulai sejak awal tahun ini. Namun kerjasama itu baru terealisasi pertengahan tahun ini karena intensitas gempa cukup sering terjadi di Sumatera Barat.

Pada Selasa malam lalu, terjadi gempa pukul 21:10:23 WIB dengan kekuatan 5,3 Skala Richter yang bersumber dari kepulauan Mentawai. Saat itulah, untuk pertama kalinya semua warga Sumatera Barat langsung mendapat sms dari BMKG.

SMS diterima dalam jarak 25 menit setelah gempa terjadi.

"Itu adalah hasil kerjasam BMKG dengan Kementerian Kominfo untuk membantu menyebarkan informasi gempa bumi khususnya untuk amplitude diatas 5 SR. Karena itu akan di-relay dari GPS yang berada di Sumatera Barat. Jadi siapapun nomor HP-nya tidak perlu didaftar. Nomor yang terjangkau oleh GPS secara otomatis akan menerima informasi gempa bumi dari BMKG yang diteruskan oleh kominfo. Mungkin karena melihat sering terjadi gempa di Sumatera Barat, sehingga pemerintah fokus juga ke Sumatera Barat," kata Rahmat Triyono.

Rahmat mencontohkan, jika saat gempa terjadi ada warga dari Jakarta sedang berada di Padang, maka otomatis ponselnya akan mendapat SMS informasi gempa dari BMKG. Dengan syarat kekuatan di atas 5 Skala Richter.

Pada Selasa malam lalu setidaknya terjadi dua kali gempa, pukul 21:10:23 WIB dengan kekuatan 5,3 SR bersumber dari Mentawai, disusul gempa pukul 23:00:24 WIB dengan kekuatan gempa 4,0 SR.

Gempa juga terjadi di Sumatera Utara, pukul 21:52:35 WIB dengan kekuatan 4,9 SR bersumber dari Nias, Sumatera Utara, dilanjutkan gempa susulan pukul 23 :07:57 WIB kembali terjadi gempa berkekuatan 4,0 SR bersumber dari Gunung Sitoli, Sumatera Utara.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat

Kabar Baru Jam 15

Perlukah Sertifikasi Pernikahan?

Kabar Baru Jam 14