BERITA

Arus Mudik dan Balik, Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Angkutan

"Ia berharap dengan kesiapan tersebut angka kecelakaan selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini dapat ditekan hingga nol persen. "

Febriana Shinta Sari

Arus Mudik dan Balik, Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Angkutan
Petugas Dirjen Kementrian Perhubungan Darat bersama Dinas Perhubungan Provinsi Lampung melakukan pengecekan inspeksi keselamatan jelang mudik lebaran terhadap angkutan bus di Terminal Rajabasa Bandar

KBR, Yogyakarta- Pemerintah telah menyiapkan 48.876 angkutan untuk persiapan arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menargetkan pengecekan kelayakan puluhan ribu angkutan lebaran itu sudah selesai dilakukan pada 23 Juni 2016.

Ia berharap dengan kesiapan tersebut angka kecelakaan selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini dapat ditekan hingga nol persen.

“Saya optimistis semua bisa dilakukan walaupun waktunya hanya tinggal beberapa hari lagi, harus semangat dan harus bisa,” kata Jonan saat melakukan inspeksi di Bandara Adisucipto dan Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta dini hari tadi.

Jonan menambahkan Kemenhub juga telah memeriksa sejumlah infrastruktur seperti terminal, bandara, stasiun dan penyeberangan untuk memastikan kesiapan arus mudik dan balik jelang lebaran. Ia juga mengimbau pemilik kendaraan pribadi juga mengecek kesiapan kendaraan mereka. Sebab, kata dia, lebaran kali ini mudik melalui darat masih diminati pemilik mobil pribadi dan sepeda motor.

“Kemungkinan yang di darat akan lebih banyak ya, untuk itu kami tetap mengajak agar angkutan gratis diminati  pemudik. Saat ini angkutan gratis kami sudah 80 persen terisi,” pungkasnya.

Editor: Sasmito

  • persiapan mudik 2016
  • Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
  • kementerian perhubungan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!