Bagikan:

3 Langkah Atasi Kelangkaan Elpiji di Rembang

Pemkab Rembang, Jawa Tengah siapkan 3 langkah mengatasi kelangkaan elpiji 3 Kg.

BERITA | NUSANTARA

Minggu, 12 Jun 2016 09:05 WIB

Author

Musyafa

3 Langkah Atasi Kelangkaan Elpiji di Rembang

Pekerja menata tabung gas elipiji ukuran tiga kilogram. (Foto: Antara)

KBR, Rembang - Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah menduga kelangkaan gas elpiji 3 kilogram akibat longgarnya seleksi saat pembelian di tingkat pengecer. Pelaksana Tugas Asisten II Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Abdullah Zawawi mengatakan, pengecer melayani pembeli dari pihak manapun.

"Pengecer yang penting barangnya cepat habis dan mendapatkan untung," kata Zawawi di Rembang, Sabtu (11/6/2016).

Alhasil, aturan elpiji 3 kilogram yang seharusnya hanya diperuntukkan bagi pembeli dari sektor rumah tangga atau UMKM tak lagi berlaku.

"Pangkalan ke pengecer sudah pasar bebas. Jadi penyebab kelangkaan ya permainan pengecer. Kuota yang ada cukup kok, tapi di tingkat bawah, pengecer inginnya kan harga naik. Selain itu bisa saja dia mengumpulkan barang dulu, tidak dikeluarkan," jelasnya.

Ia mengklaim, mata rantai distribusi dari agen ke pangkalan tidak ada masalah. Sedangkan dari pangkalan menuju pengecer, memang belum diatur. Itu sebab, pihaknya menyiapkan tiga strategi untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram di Kabupaten Rembang. Antara lain, satu pangkalan untuk satu desa. Langkah ini ditempuh guna memudahkan penjualan ke masyarakat.

Langkah kedua, adalah pengajuan tambahan kuota ke Pertamina sebesar 8 persen. Sedangkan langkah pamungkas adalah operasi pasar gas elpiji 3 kilogram oleh pemerintah daerah apabila memang diperlukan.

Editor: Nurika Manan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending