NUSANTARA

Warga Sinabung Bertahan Demi Hasil Panen

"Warga bertahan karena hasil penjualan panen akan digunakan untuk biaya sekolah anak-anak mereka"

Eli Kamilah

Warga Sinabung Bertahan Demi Hasil Panen
Warga sekitar Gunung Sinabung. Foto Antara

KBR, Jakarta - Sejumlah warga desa di sekitar Sinabung memilih bertahan di rumah untuk memetik hasil panen. Salah satunya warga desa di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Menurut relawan PMI di Sinabung, Junaidi Silalahi, warga nekat bertahan karena hasil penjualan panen tersebut akan digunakan untuk biaya sekolah anak-anak mereka.

"Memetik hasil kebun mereka. Soalnya kan beberapa bulan kemarin kondisinya cukup aman, mereka sudah mulai bercocok tanam. Mungkin menjelang panen, maka mereka bertahan. Memanen sisa hasil panennya yang tidak kena debu," ujar Junaidi dalam perbincangan KBR Pagi, Jumat, 19 Juni 2015.


Junaidi menambahkan sebagian besar pengungsi sudah berada di zona aman, yakni di luar radius 7 kilometer dari Sinabung. Untuk sementara kebutuhan logistik pengungsi cukup. Namun untuk beberapa pengungsian seperti di posko tenda Paroki, warga banyak mengeluh kedinginan. 

  • Pengungsi Sinabung
  • sinabung meletus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!