covid-19

Warga Myanmar di Aceh Utara Pindah ke Barak Lebih Layak

Pemindahan ke barak untuk mempermudah sistem pengamanan bagi warga keturunan rohingnya.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 15 Jun 2015 19:47 WIB

Warga Myanmar di Aceh Utara Pindah ke Barak Lebih Layak

Warga muslim rohingnya asal Myanmar yang terdampar di Kabupaten Aceh Utara. Foto : Erwin Jalaluddin/KBR

KBR, Lhokseumawe – Ratusan warga Myanmar di Kabupaten Aceh Utara, dipindahkan ke barak tertutup, Senin (15/6/2015). Mereka sebelumnya menempati penampungan sementara berupa barak terbuka di kawasan dermaga TPI Kuala Cangkoy, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib mengatakan, pemindahan ke barak yang lebih layak itu juga untuk mempermudah sistem pengamanan bagi warga keturunan rohingnya. Hal itu menindaklanjuti keputusan Pemerintah melalui Kementrian Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI, bahwa imigran Myanmar ditampung sementara 1 tahun lamanya di Indonesia.

”Dipindahkan segera hari ini. Yang dari TPI Kuala Cangkoy semuanya dilakukan pemindahan ke barak di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur. Baraknya sudah oke semua, ” kata Thaib menjawab pers dilokasi, Senin (15/6/2015).

Tercatat jumlah warga rohingnya yang terdampar di Kabupaten Aceh Utara mencapai sekitar 500-an orang. Dimana 238 diantaranya berasal dari negara Banglades yang ditempatkan dipenampungan semementara bekas Kantor Imigrasi dan sisanya dari Myanmar. Belasan orang diantaranya sudah dipulangkan ke negara asalnya Banglades.

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7