BERITA

Walikota Solo Minta Warga Waspadai Makanan Tak Layak Konsumsi

"Warga solo harus hati-hati, banyak produk pangan yang dijual murah dan mepet tanggal kadaluarsa menjelang Lebaran."

Yudha Satriawan

Walikota Solo, Hadi Rudyatmo. Foto: KBR/ Yudha Satriawan
Walikota Solo, Hadi Rudyatmo. Foto: KBR/ Yudha Satriawan

KBR, Solo- Pemerintah kota Solo meminta masyarakat teliti dan waspadai peredaran produk pangan yang tak layak konsumsi menjelang Lebaran. Walikota Solo, Hadi Rudyatmo berharap masyarakat menjadi pembeli yang cerdas dan teliti. Menurut Rudy, banyak produk pangan yang dijual murah dan mepet tanggal kadaluarsa menjelang Lebaran.

“Saya berharap pada warga masyarakat di Solo, kalau beli, khususnya makanan atau minuman, bahan pangan, yang layak konsumsi, mohon dilihat dan diamati teliti kapan tanggal kadaluarsanya. Itu tanggal berapa, bagaimana kemasannya, kualitasnya. Kasihan masyarakat menginginkan barang atau produk pangan murah tetapi juga terjamin kualitas dan keamanannya," kata Hadi Rudyatmo, Kamis (25/6).

"Di bulan Ramadhan, jelang Idul Fitri, atau hari besar keagamaan lain, semoga warga masyarakat bisa mendapat atau membeli barang atau produk yang harganya terjangkau dan berkualitas serta terjamin keamanannya,” tambahnya lagi.

Hari ini tim pemkot Solo dari Dinas Pertanian memusnahkan 35 kilogram daging sapi dan ayam. Dari jumlah itu, 11 kilogram diantaranya daging gelonggongan. Hasil tersebut diperoleh dari razia yang dilakukan di sejumlah pasar tradisional di Solo.

Kemarin Tim Pemkot Solo menemukan puluhan produk pangan kadaluwarsa dan tanpa label masih beredar di sejumlah pasar tradisional di Solo. Temuan tersebut diperoleh tim pemkot Solo ketika melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional di sana. Produk tersebut ditarik dari peredaran di pasar. Pemkot Solo mengintensifkan pengawasan langsung melihat kondisi di berbagai pasar tradisional, retail, hingga supermarket menjelang Lebaran.

Editor: Dimas Rizky

 

  • produk kadaluarsa
  • makanan tak layak konsumsi
  • Hadi Rudyatmo
  • Walikota solo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!