BERITA

Tolak Pembangunan Pabrik Semen di Wonogiri, Bupati Dituding Bohong

"Bupati Wonogiri menyatakan jika total ada 25 persen warga menolak, maka ia menyatakan siap berada di barisan terdepan menolak pabrik tersebut. "

Eli Kamilah

Tolak Pembangunan Pabrik Semen di Wonogiri, Bupati Dituding Bohong
Ilustrasi tambang semen. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Ketua Paguyuban Aja (Ojo) Kwatir, Karmin, menyebut pernyataan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto yang menolak pembangunan pabrik semen, hanya janji palsu. Menurut Karmin, ratusan warga sudah mendatangi kabupaten, namun tak ada aksi dukungan apapun terhadap tuntutan warga. Bahkan, dia menuding kumpulan tandatangan warga yang pro-pembangunan pabrik, dikoordinir bupati.

"Tidak itu hanya kebohongan publik saja. Kemarin kami datang ke kabupaten dan lakukan aksi diam. Jadi kalau bupati bilang (dukung), itu bohong. Jadi ketika pengambilan sampel PT, dia melakukan siluman (warga dipaksa tandatangan-red) terus," kata Karmin kepada KBR, Kamis (4/6/2015).


Sebelumnya, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto menyatakan jika total ada 25 persen warga yang menolak, maka Bupati Wonogiri menyatakan siap berada di barisan terdepan menolak pabrik tersebut.

Tapi, kata orang nomor satu di Wonogiri ini, jika ada sebagian warga yang mendukung pembangunan pabrik semen tersebut, maka dia pun tidak bisa berbuat banyak.

Selama ini, kata Danar, kelompok warga yang pro dengan pertambangan Giriwoyo memang seakan tidak banyak bicara karena kehadiran investor dianggap akan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui banyaknya tenaga kerja yang tertampung.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • semen
  • Wonogiri
  • Giriwoyo
  • Pertambangan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!