BERITA

Tambang Pasir Ditutup, Ratusan Sopir Truk Turun ke Jalan

Tambang Pasir Ditutup, Ratusan Sopir Truk Turun ke Jalan

KBR, Banyuwangi- Ratusan sopir truk pengangkut material galian C yang tergabung dalam Aliansi Pengemudi Sopir Truk Material Banyuwangi, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati setempat.

Mereka menolak kebijakan Pemerintah Banyuwangi Jawa Timur, menutup lokasi galian C. Kordinator aksi Lukman mengatakan,  penutupan sejak hampir satu bulan itu telah mengakibatkan para sopir truk tidak bisa bekerja. Selain itu, truk-truk yang selama ini merupakan hasil kredit juga terancam diambil leasing karena tidak mampu membayar angsuran.

Menurut Lukman, jika memang lokasi itu dilarang untuk aktivitas galian C, pemerintah mestinya bisa mengarahkan tempat lain yang boleh ditambang. Kata Lukman para sopir juga mendesak izin penambangan galian C dipermudah.

“Saya mewakili teman-teman sopir material Banyuwangi hanya berharap satu hal, kami tidak menuntut apapun hanya satu hal yang kita harapkan, besok sudah mulai dibuka dan kita bisa bekerja. Perkara nanti dengan pemilik, penambang atau siapapun monggo pemda memfasilitasi untuk mengundang. Kami ini hanya rakyat kecil hanya akar rumput yang bisa mengandalkan otot, bekerja- bekerja untuk menafkahi keluarga kami,” kata Lukman, Rabu (17/6/2015).

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan,  sebagian besar perusahan tambang galian C dalam melakukan penambangan menyalahi prosedur yang sudah ditentukan, sehingga terpaksa ditutup.

Dalam waktu dekat Anas mengaku akan memanggil seluruh perusahaan tambang galian C di Banyuwangi untuk meminta penjelasan. Kata dia, para sopir material ini merupakan korban dari perusahaan tambang galian C yang tidak patuh aturan.

Selain itu pihaknya akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, terkait permasalahan ini. Sebab sejak tanggal 19 Juni 2015 proses pengurusan tambang galian C ditangani langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Editor: Malika

  • Supir Truk Banyuwangi
  • Pengangkut Material
  • Galian C
  • Tambang Pasir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!