BERITA

Taman Nasional Kelimutu Bakal Jadi Kawasan Geopark

Danau Kelimutu (Foto: NTT.prov.go.id)

KBR, NTT - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengusulkan Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu kawasan geopark atau taman bumi. 

Kepala Teknik Museum Geologi Pusat Survei Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Heryadi Rahmat mengatakan, tujuannya adalah untuk konservasi dan edukasi juga untuk peningkatan  ekonomi masyarakat lokal.

"Bukan hanya Taman Nasional Kelimutunya saja, harus diperluas lagi. Intinya, geopark di Kelimutu itu luasnya mengelilingi kawasan situ. Dengan adanya Kelimutu, maka masyarakat disekitarnya harus diberdayakan," kata Heryadi, hari ini Kamis (11/6/2015). 

Taman nasional lain yang diusulkan jadi geopark adalah Taman Nasional Gunung Rinjani, Gunung Batur di Bali, Kars di Pacitan, Kaldera Toba dan Raja Ampat di Papua menjadi kawasan geopark. Menurut Heryadi, geopark merupakan konsep pengembangan kawasan secara berkelanjutan yang memadukan keragaman geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya. 

Kawasan Kelimutu Ende sejak tahun 2012 telah ditetapkan sebagai salah satu dari 88 kawasan strategis pariwisata nasional. Kelimutu memiliki keragaman geologi berupa tiga danau kawah dengan warna yang berbeda dan dapat berubah warna.

Di sekitar Danau Kelimutu juga terdapat keragaman geologi berupa mata air panas, air terjun, keragaman biologi berupa 140 jenis tumbuhan berkayu, 58 jenis burung, 150 jenis serangga, 13 jenis mamalia dan empat jenis reptil serta keragaman budaya yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional Kelimutu berupa 17 komunitas adat Suku Lio.


Editor: Citra Dyah Prastuti

  • kelimutu
  • taman nasional
  • Geopark

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!