Pemerintah Kalbar Klaim Tingkat Kesejahteraan Rakyat Membaik

Penurunan jumlah PMKS itu terjadi bagi penerima kartu keluarga sejahtera (KKS).

BERITA | NUSANTARA

Senin, 01 Jun 2015 18:38 WIB

Author

Jayanti Mandasari

Pemerintah Kalbar Klaim Tingkat Kesejahteraan Rakyat Membaik

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja membujuk seorang nenek gelandangan agar mau dibawa ke tempat pembinaan dalam razia gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kediri, Jawa Timur (24/9/2015). Foto: Antara

KBR, Pontianak- Pemprov Kalimantan Barat menyebut adanya peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat yang ditandai penurunan jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Kepala Dinas Sosial Kalimantan Barat, M Junaidi mengatakan, penurunan jumlah PMKS itu terjadi bagi penerima kartu keluarga sejahtera (KKS) yang merupakan bagian dari program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) pada semester pertama ditahun 2015. Kata dia, penurunan itu mencapai seribuan penerima.

“Untuk penerima KKS periode Pak SBY 233.922. Tapi, KKS kemarin hasil pendataan kami nampaknya ada penurunan sedikit jumlahnya menjadi 232.228. Tapi, yang jelas kalau saya dengar selentingan katanya memang ada kenaikan tingkat kehidupan masyarakat,” ujar M Junaidi kepada KBR di Pontianak, Senin, (1/6/2015).

Dia menambahkan meskipun pembagian PSKS bagi alokasi 3 bulan pertama pada semester pertama tahun 2015 telah berjalan dengan realisasi mencapai 94 persen, namun hingga kini pihaknya belum dapat memastikan jumlah penerima PSKS bagi semester kedua. Itu dikarenakan, pendataan oleh badan pusat statistik (BPS) provinsi Kalimantan Barat masih berlangsung. Untuk kemudian dilakukan validasi data sebelum pendistribusian PSKS semester kedua dilakukan.

Dibagian lain M Junaidi mengatakan, pihaknya tidak memungkiri terjadi perbedaan data PMKS khususnya bagi penerima bantuan beras miskin (raskin) dan KKS. Yaitu, jumlah penerima bantuan raskin ditahun 2015 ini masih menggunakan data ditahun lalu, yaitu sebesar 233.922 KK. Menurut M Junaidi, hal itu terjadi kemungkinan besar dikarenakan pembahasan mengenai PAGU penerima bantuan raskin ditingkat pusat dilakukan pada tahun 2014 lalu. Sedangkan, penetapan bagi penerima bantuan PSKS terus bergulir pembahasannya termasuk bagi penerima pada semester kedua tahun ini. 

Editor: Dimas Rizky
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ngobrol Serius, Tapi Santai: Tips Hadapi Hoax dan Hate Speech

Podcast Kita: Kekerasan terhadap Perempuan

Smara on 7 Podcast

Podokasi: Podcast Edukasi

Kabar Baru Jam 18