BERITA

Panwas Balikpapan Telusuri Rekam Jejak PPS , PPK dan Panwascam Titipan Parpol

"Mulai hari ini KPU Kota Balikpapan telah meluncurkan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan di Gedung Sport Center Dome."

Teddy Rumengan

Panwas Balikpapan Telusuri Rekam Jejak PPS , PPK dan Panwascam Titipan Parpol
Ilustrasi Pilkada. Foto: Antara

KBR, Balikpapan – Panitia Pengawas (Panwas) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akan menelusuri rekam jejak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang memiliki kedekatan dengan partai politik maupun tim sukses.

Seperti diketahui, mulai hari ini KPU Kota Balikpapan telah meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan di Gedung Sport Center Dome. Bahkan mulai 11 hingga 15 Juni KPU Balikpapan membuka pendaftaran dari jalur perseorangan.

Ketua Panwas Kota Balikpapan, Jumiko mengatakan, jika nantinya terbukti ada temuan anggota PPK maupun PPS titipan atau punya kedekatan dengan parpol termasuk tim sukses, maka Panwas akan merekomendasikan agar PPS dan PPK tersebut diberhentikan. 

"Kalau memang nanti terbukti, ada laporan-laporannya dan kami nanti akan merekomendasikan ke KPU agar anggota PPS dan PPK itu untuk diberhentikan. Termasuk siapa pun kemarin yang sudah kami nyatakan lulus tes tertulis seleksi Panwascam khususnya tes uji kelayakan kemarin," kata Juniko, Selasa (9/6/2015). 

Selain anggota PPK dan PPS, Panwas Kota Balikpapan juga menelusuri rekam jejak calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang rencananya akan dilantik pada 13 Juni mendatang. Jika ada temuan merupakan titipan partai politik atau tim sukses maka batal dilantik.

Karenanya lanjut Jumiko, mereka menerima laporan dari masyarakat, jika memiliki bukti ada anggota PPK, PPS maupun calon Panwascam yang memiliki kedekatan dengan partai politik maupun tim sukses maka segera laporkan, dan akan diambil tindakan tegas.

“Kalau memang mereka ada terindikasi dengan parpol atau dengan tim sukses maka lapor ke kami sebelum kami tetapkan mereka sebagai Panwascam terpilih,” tambahnya.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menambahkan, PPK dan PPS yang bertugas pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2015, agar dalam menjalankan tugasnya selalu berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu, selalu menjaga integritas, loyalitas dan dedikasi.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Panwas
  • Kecamatan
  • Walikota
  • Pemilihan
  • Balikpapan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!