BERITA

Hari Lahir Pancasila, Pemkab Ende Gelar Parade Kebangsaan

Hari Lahir Pancasila, Pemkab Ende Gelar Parade Kebangsaan

KBR, NTT- Pemerintah Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur menggelar Parade Kebangsaan memperingati hari lahir Pancasila hari ini. Bupati Ende Marsel Petu mengatakan, kegiatan parade kebangsaan digelar untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan parade Kebangsaan dilakukan dengan melewati situs-situs Bung Karno yang ada di Kota Ende.

 

"Kegiatan-kegiatan yang kita buat ini sebagai bagian dari pada menunjukkan kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya situs yang ada ini untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebangsaan dari pada masyarakat. Salah satunya adalah kesadaran kita untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan ini. Keprihatinan kan wajar, normal tapi bahwa menjawabi keprihatinan itu kan harus juga melalui mekanisme dan prosedural yang ada peraturan daerah kah, atau kah yang namanya pembentukan badan pengelola kemudian ada dorongan anggarannya," kata Bupati Ende Marsel Petu, yang dihubungi dari Kupang, Senin (1/6/2015).


Bupati Ende Marsel Petu menambahkan situs-situs bung Karno di Kota Ende tidak dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Ende. Dia mengatakan, Pemda Ende akan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk mengelola situs-situs bung Karno. Selama ini, kata Marsel Petu, Pemda Ende hanya memberi perhatian sesuai kemampuan keuangan daerah.

Parade kebangsaan dimulai dengan parade laut yang dimulai dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Soekarno- Ende- sebagai awal masa pembuangan Bung Karno di Ende. Dari pelabuhan, parade menuju Markas Polisi Militer yang merupakan titik berikut dimana saat pengasingan lokasi itu menjadi markas Belanda, saat  Bung Karno melaporkan keberadaannya.

Kemudian menuju rumah pengasingan, Gedung Imakulata dan dilanjutkan ke makam ibu Amsi, mertua Soekarno. Dari Makam Ibu Amsi, parade dilanjutkan ke Taman Permenungan Pancasila sebagai titik terakhir. Parade kebangsaan menyongsong Hari Lahir Pancasila ini merupakan agenda rutin pemerintah Kabupaten Ende untuk mengenang sejarah Kota Ende pernah menjadi tempat pengasingan dan tempat Bung Karno mendapat ilham Pancasila.

  • Hari Pancasila
  • Ende
  • NTT
  • Parade
  • Kebangsaan
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!