Hanya Tiga Puskesmas Mataram Hancurkan Limbahnya

Limbah medis yang tidak diolah sangat berbahaya.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 26 Jun 2015 18:13 WIB

Author

Zaenudin Syafari

Limbah Medis. Foto: Antara

Limbah Medis. Foto: Antara

KBR, Mataram - Hanya tiga puskemas di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang sudah memiliki alat penghancur limbah medis (incinerator).

Tiga puskesmas ini yaitu pusekmas Karang Taliwang, Tanjung Karang, Cakranegara. Sementara beberapa rumah sakit dan puskesmas lainnya belum memilikinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, Usman Hadi, mengatakan limbah medis sangat berbahaya. Dia mencontohkan limbah jarum suntik jika terkena kulit akan menyebabkan infeksi.

Kata dia, Puskesmas yang belum punya lat tersebut disarankan menyerahkan limbah ke 3 Puskesmas yang sudah memilikinya.

"Dari 11 puskemsas ini kita membuat sub rayon tiga-tiga-tiga. Kalau memang ada limbah padatnya kita kirim ke tiga Puskesmas tadi,” kata Usman Hadi, Jumat (26/06/20150).

Sementara itu, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Kota Mataram, Zuhada, menjelaskan hasil pengolahan limbah cair bisa dideteksi lewat kehidupan ikan. Jika lokasi pembuangan limbah itu membuat ikan mati, maka limbah itu belum diproses.

Editor: Rio Tuasikal 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Menyoal Kebijakan Pemerintah Tangani Konflik Papua

Para Pencari Harta Karun

Kabar Baru Jam 8

KPK Berada di Titik Nadir?