BERITA

Gunung Raung Siaga, BPBD Banyuwangi Siapkan Evakuasi

"Jalur evakuasi juga sudah siap."

Hermawan Arifianto

Gunung Raung Siaga, BPBD Banyuwangi Siapkan Evakuasi
Gunug Raung di Jawa Timur. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur, telah menyiapkan perlengkapan evakuasi karena aktivitas Gunung Raung terus naik. BPBD menyiapkan kendaraan, tenda, dan makanan siap saji.

Juru Bicara BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, mengatakan jalur evakuasi juga sudah disiapkan sejak 2014 lalu. Jalur itu akan mempermudah evakuasi dari gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember itu.


"Jadi kita sudah siap,” kata Eka, Senin (29/06/2015).


Kata Eka, di Banyuwangi sendiri ada sekitar 26 desa yang tersebar di 6 Kecamatan yang masuk dalam zona bahaya Gunung Raung. Daerah itu di antaranya Desa Sumberarum Kecamatan Songgon, Desa Jambewangi Kecamatan Sempu, dan beberapa desa lagi yang tersebar di Kecamatan Kalibaru, Sempu, dan Glenmore.


“Kita juga memantau senantiasa aktivitas Gunung Api Raung dan memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait ancaman yang mungkin timbul---dan apa yang harus dilakukan oleh mereka," jelasnya.


Eka menambahkan, BPBD Banyuwangi juga sudah membentuk Desa Tangguh, sehingga masyarakat sudah dibekali keterampilan menyelamatkan diri.


Status Gunung Raung di Jawa Timur meningkat dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Status itu berlaku mulai Senin (29/6/2015) ini pukul 9.00 WIB karena aktivitas kegempaannya mengalami peningkatan. PVMBG merekomendasikan tidak ada aktiitas manusia di radius 3 kilometer dari puncak gunung.


Editor: Rio Tuasikal

 

  • Gunung Raung
  • gunung api
  • bencana
  • jawa timur
  • BPBD
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!