DPRD Bondowoso: Banyak Anggaran Fiktif di APBD 2014

Pemeliharaan kolam renang di rumah dinas Bupati yang menelan anggaran Rp 186 juta.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 15 Jun 2015 17:01 WIB

Author

Friska Kalia

DPRD Bondowoso: Banyak Anggaran Fiktif di APBD 2014

Ilustrasi Korupsi. Foto: Antara

KBR, Bondowoso – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menemukan beberapa kegiatan yang diduga fiktif yang dianggarkan dalam Alokasi Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bondowoso 2014. 

Dugaan ini disampaikan Fraksi Gerindra-Nasdem dalam Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi terhadap Laporan Kerja Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2014 di Graha Paripurna gedung DPRD Bondowoso, Senin (15/6/2015).

Ketua Fraksi Gerindra-Nasdem, Supriyanto menyoroti beberapa kegiatan seperti pemeliharaan kolam renang dirumah dinas Bupati yang menelan anggaran Rp 186 juta. Pihaknya mempertanyakan ke mana larinya anggaran tersebut karena selama ini rumah dinas Bupati tidak memiliki kolam renang.

“Kami sangat menyoroti yang sudah terjadi pada anggaran yang sebelumnya. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kami, tentu mengawasi penggunaan anggaran agar sesuai dengan aturan yang ditetapkan, kalau soal ranah hukum biar aparat hukum yang bertindak,” kata Supriyanto saat ditemui KBR usai sidang paripurna.

Selain anggaran pemeliharaan kolam renang, mereka juga menyoroti anggaran pemeliharaan kamar mandi di rumah dinas Sekretaris Kabupaten yang mencapai Rp 92 juta lebih. Menurut Fraksi Gerindra-Nasdem, ini tidak sesuai dengan standar biaya yang ditetapkan oleh peraturan. Hal lain misalnya anggaran pembangunan tembok belakang kantor Pemda yang hingga saat ini tidak terlihat ada kegiatan.

“Sampai saat ini kami tidak melihat ada kegiatan pembangunan tembok di kantor Pemda. Lalu kemana anggaran itu semua,” tegasnya.

Dalam Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2014 ini mayoritas fraksi juga menyampaikan kritik kepada penyelenggara pemerintahan daerah. Pandangan beberapa fraksi di DPRD, masih banyak sektor yang perlu dibenahi seperti pendidikan, infrastruktur dan kesehatan. Rencananya, Bupati Bondowoso, Amin Said Husni akan menyampaikan tanggapannya atas berbagai sorotan fraksi di DPRD pada Rabu mendatang.  

Editor: Citra Dyah Prastuti 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mengenang Sosok Artidjo Alkostar

Kabar Baru Jam 7

Inisiatif Daur Pangan di Masa Pandemi

Mama 'AW': Menerobos Semak Berduri