BERITA

Cek Pangan Jelang Lebaran, Dinas Kalbar Gandeng Polres

"Guna ketahui kondisi kesehatan ternak jelang Idul Fitri, Dinas peternakan dan kesehatan hewan provinsi Kalimantan Barat gandeng Kepolisian Resor Kota (Polresta) "

Ilustrasi hewan ternak. Foto: Antara
Ilustrasi hewan ternak. Foto: Antara

KBR, Pontianak- Dinas peternakan dan kesehatan hewan provinsi Kalimantan Barat menggandeng kepolisian resor kota (polresta) Pontianak, dalam melakukan pengawasan terhadap keamanan pangan menjelang perayaan Idul Fitri 1436 H.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Barat, Abdul Manaf, mengatakan, koordinasi  dilakukan karena pengalaman para staf dinas yang menjadi bagian tim pengawasan pangan tahun lalu. Dimana tim yang diturunkan, sempat mendapatkan perlakukan yang tidak mengenakkan dari pedagang pada salah satu pasar tradisional.

Rencananya pengecekan terhadap kualitas berbagai produk ternak di sejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan itu akan dilakukan pada 13 hingga 15 Juli mendatang.

“Secara tim turun, yang kami lakukan adalah pengawasan tentang daging, telur, ayam yang mengandung produk bahan-bahan yang berbahaya. Apakah itu formalin, cemaran mikroba, residu dan sebagainya. Memang kami punya alat tes cepat. Kami melakukan koordinasi dengan kapolres Pontianak dan insya Allah tanggal 13,14 dan 15 kami akan turun ke lapangan,”ujar Abdul Manaf di Pontianak, Jumat (19/6).

Sementara itu Kapolda Kalimantan Barat, Arief Sulistiyanto mengatakan, tahun lalu aparat kepolisian berhasil menggagalkan penyelundupan telur afkir yang didatangkan dari Malaysia. Penangkapannya pun berlangsung di kota Singkawang.

Arief Sulistiyanto menjelaskan belum adanya pos pemeriksaan lintas batas (PPLB) di beberapa kabupaten misalnya pada kabupaten Bengkayang, memiliki potensi besar terhadap aktifitas penyelundupan produk-produk dari negara tetangga. Sehingga, memerlukan pengawasan terpadu dari seluruh aparat terkait. 

Editor: Dimas Rizky

  • hewan ternak
  • kesehatan ternak
  • pengawasan keamanan pangan
  • abdul manaf

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!