Kadung Dirobohkan, Cagar Budaya PG Kalibagor Banyumas Akan Dibangun Lagi

Cagar Budaya Pabrik Gula (PG) Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah akan dibangun kembali setelah dirobohkan oleh perusahaan pemilik tanah pada akhir April 2015 lalu.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 19 Jun 2015 12:45 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Pabrik Gula Kalibagor sebelum dirobohkan April 2015 lalu. Foto: KBR/ Muhamad Ridlo

Pabrik Gula Kalibagor sebelum dirobohkan April 2015 lalu. Foto: KBR/ Muhamad Ridlo

KBR,Banyumas – Balai Pelestari Cagar Budaya Kementerian Kebudayaan menyatakan Cagar Budaya Pabrik Gula (PG) Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah akan dibangun kembali setelah dirobohkan oleh perusahaan pemilik tanah pada akhir April 2015 lalu. Pembangunan kembali cagar budaya ini akan dilakukan oleh pemilik.

Pamong Budaya Kementerian Kebudayaan, Imam Hamidi Antasalam mengatakan pembangunan kembali PG Kalibagor terutama pada cerobong asap pabrik yang merupakan ikon pabrik gula. Sedangkan gudang pabrik serta bangunan lainnya masih belum dibicarakan.

Pihak Balai Pelestari Cagar Budaya Jawa Tengah, kata Imam, sudah berkoordinasi dengan pemilik tanah. Sebelumnya, PG Kalibagor adalah milik PTPN IX, namun kemudian dilelang pada awal tahun 2000 dan menjadi milik perusahaaan swasta.

"Pihak pelestari cagar budaya kementerian kebudayaan masih manusiawi. Bahwa, artinya kalau mengacu kepada undang-undang, maka hukumannya berat. Maka kerusakan-kerusakan yang ditimbulkan akibat pembongkaran itu harus dikembalikan seperti semula, terutama cerobong pabriknya. Saat ini sedang dalam tahap penelitian dari pihak kami," ujar Imam Hamidi Antasalam.

Imam menambahkan PG Kalibagor sudah didaftarkan pada 2004 dengan menggunakan Undang-undang No 5 tahun 1992 tentang Pelestarian Cagar Budaya. Lalu pada tahun 2010 undang-undang ini diperbarui. Namun karena terjadi perpindahan kepemilikan, balai cagar budaya memaklumi jika pemilik terakhir tidak mengetahui bahwa bangunan PG Kalibagor sudah didaftarkan sebagai kekayaan benda budaya.

Imam meminta agar masyarakat turut mengawasi pembangunan kembali benda cagar budaya PG Kalibagor. Saat ini, Balai Pelestarian Cagar Budaya tengah meneliti desain konstruksi cerobong PG Kalibagor agar saat dibangun benar-benar sesuai dengan aslinya.

  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Sebut Sertifikasi Layak Nikah Tak Wajib

Super You by Sequis Online, Asuransi Online untuk Milenial