Ribuan Pelajar Aceh Gagal Lanjutkan Kuliah

KBR, Lhokseumawe

NUSANTARA

Senin, 23 Jun 2014 20:57 WIB

Author

Erwin Jalaluddin

Ribuan Pelajar Aceh Gagal Lanjutkan Kuliah

pelajar, aceh, kuliah

KBR, Lhokseumawe – Ribuan pelajar di Kabupaten Aceh Utara setiap tahunnya gagal melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT) dikarenakan terkendala persoalan ekonomi. Kondisi itu menyebabkan pelajar di Aceh sulit memperoleh pendidikan tinggi.

Wakil Bupati Aceh Utara, Muhammad Jamil membenarkan, banyak tamatan SMA didaerahnya yang tidak dapat melanjutkan kuliah dikarenakan terkendala biaya. Sehingga, walaupun kendati memiliki kecerdasan tetap gagal menimba ilmu ke Perguruan Tinggi.

” Kita kan terpanggil hati nurani kita, tidak ada kesempatan diakibatkan angka ekonominya yang sangat terbatas. Jadi, ini sedang kita telusuri, kita diskusikan kembali kemampuan daerah. Tentunya kita harus berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi, ” kata Jamil kepada KBR, Senin (23/6).

Menurut Jamil, sebenarnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah meluncurkan sejumlah program beasiswa, guna mengatasi kesenjangan pendidikan bagi masyarakat miskin. Akan tetapi, terbatasnya kuota yang disediakan menjadi penyebab kalangan miskin tidak seluruhnya bisa dibiayai di lembaga pendidikan tinggi tersebut.

Ia menambahkan, sudah mengintruksikan Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Utara, untuk melakukan evaluasi terkait kesenjangan pendidikan tersebut. Pihaknya berharap, kedepan semua lulusan SMA dapat ditampung di Perguruan Tinggi di tanah air.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17