Pro Fauna: Kebun Binatang Lalai Tak Beri Vaksin Komodo

KBR, Jakarta - LSM Pencinta Satwa Pro Fauna menilai kematian Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan tanggungjawab pengelola.

NUSANTARA

Senin, 02 Jun 2014 20:03 WIB

Author

Indra Nasution

Pro Fauna: Kebun Binatang Lalai Tak Beri Vaksin Komodo

profauna, komodo, surabaya

KBR, Jakarta - LSM Pencinta Satwa Pro Fauna menilai kematian Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS)  merupakan tanggungjawab pengelola.

Hal ini lantaran Komodo tersebut tak diberikan vaksin imunisasi. Aktivis Pro Fauna Rosek Nursahid mengatakan, meski Komodo mempunyai kekebalan tubuh, KBS harus tetap memberikan vaksin karena daya tahan tubuh binatang melata tersebut berbeda ketika berada di alam liar dan di kebun binatang.

"Komodo mempunyai kekebalan tubuh yang tinggi ketika dia berada di habitat aslinya, ketika dia berada di kebun binatang hal itu sangat berbeda karena dia berada di kondisi lingkungan yang sangat berbeda. Ada interaksi yang tinggi dengan manusia, ada pola makanan yang tidak bersih, ada lingkungan perkotaan yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan satwa jadi tidak bisa dibandingkan antara alam dan kebun binatang ketika di alam liar dan di kebun binatang," kata Rosek kepada KBR.

Sebelumnya, seekor Komodo di Kebun Binatang Surabaya kembali ditemukan tewas. Direktur Operasional dan Umum Perusahaan Daerah Kebun Binatang Surabaya Liang Kaspe mengatakan komodo berusia 4 tahun itu diduga menderita sinusitis. Saat ini ada sekitar 73 komodo yang masih hidup di KBS.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8