NUSANTARA

2014-06-27T11:30:01.000Z

PMI: Donor Darah Saat Berpuasa Tak Bikin Lemas

"Palang Merah Indonesia (PMI) Bondowoso, Jawa Timur, punya trik tersendiri untuk mengatasi kelangkaan darah yang biasa terjadi selama bulan Ramadan."

PMI: Donor Darah Saat Berpuasa Tak Bikin Lemas
PMI, Donor Darah, Berpuasa

KBR, Bondowoso – Palang Merah Indonesia (PMI) Bondowoso, Jawa Timur, punya trik tersendiri untuk mengatasi kelangkaan darah yang biasa terjadi selama bulan Ramadan.

Menurut Ketua PMI Bondowoso, Miftahul Huda, pihaknya memberi kesempatan bagi pendonor untuk mendonorkan darahnya setelah berbuka puasa. Selain itu, pihaknya telah membuat jadwal bagi kelompok pendonor setiap harinya, sehingga stok darah akan tetap aman.
 
“Untuk kebutuhan darah menyambut Ramadan, kami sudah mengumpulkan kelompok donor. Sudah kami lakukan percepatan untuk mendonor. Selain itu donor akan kita adakan setelah buka puasa dan tarawih. Per hari ini kebutuhan darah masih sangat cukup,” kata Miftahul Huda saat ditemui Portalkbr, Jum’at (27/6).

Dengan tetap dilaksanakannya kegiatan donor selama Ramahan, Miftah optimistis stok persediaan darah akan aman.

Selain itu, pihaknya juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa mendonorkan darah saat puasa tidaklah berbahaya untuk kesehatan. Menurutnya, banyak orang enggan mendonorkan darah saat ramadhan dikarenakan berbagai alasan seperti takut lemas sehingga mengganggu aktifitas. Padahal, donor darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Editor: Anto Sidharta

Baca lagi:


PMI Serukan Donor Darah untuk Selamatkan Ibu

  • PMI
  • Donor Darah
  • Berpuasa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!