NUSANTARA

Pembeli Sepi, Pedagang Wonokromo Kurangi Pasokan Bahan Pokok

"KBR, Jakarta - Sejumlah pedagang di Pasar Wonokromo, Surabaya terpaksa mengurangi jumlah stok pangan mereka lantaran rendahnya daya beli masyarakat. Hal ini dilakukan agar komoditi yang mereka jual tidak terbuang percuma atau membusuk."

Eli Kamilah

Pembeli Sepi, Pedagang Wonokromo Kurangi Pasokan Bahan Pokok
daging, sapi, harga, impor, wonokromo

KBR, Jakarta - Sejumlah pedagang di Pasar Wonokromo, Surabaya terpaksa mengurangi jumlah stok pangan mereka lantaran rendahnya daya beli masyarakat. Hal ini dilakukan agar komoditi yang mereka jual tidak terbuang percuma atau membusuk.

Koordinator Pedagang Pasar Wonokromo Surabaya, Ahmad Busyiri memperkirakan, daya beli masyarakat baru meningat jelang bulan puasa. Sementara itu, kenaikan harga sejumlah komoditi seperti ayam, telur dan beberapa jenis sayuran seperti bayam, dan kacang-kacangan mengalami kenaikan rata-rata Rp3000 per kilogram.

"Memang beberapa komoditi mengalami kenaikan, tetapi tren pembelian normal saja, cenderung menurun. (Ini gara-gara naik?) saya ngga ngerti apa karena itu, tetapi pembelian menurun, tapi kok harga malah terus merangkak naik," kata Ahmad dalam Sarapan Pagi KBR, Jumat (6/6).

Koordinator Pedagang Pasar Wonokromo Surabaya, Ahmad Busyiri meminta pemerintah untuk membuat regulasi pendistribusian komoditas pangan sehingga lebih merata dan harga lebih stabil. Ia pun meminta kepada pemerintah agar tidak terburu-buru menggelar operasi pasar lantaran stok komiditas pangan masih mencukupi.(Baca: Harga Cabai Merah Anjlok, Petani di Banyuwangi Gulung Tikar)

Editor: Irvan Imamsyah

  • daging
  • sapi
  • harga
  • impor
  • wonokromo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!