NUSANTARA

Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam Malah Turun

Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam Malah Turun

KBR, Banyuwangi - Dua pekan menjelang bulan puasa, harga daging ayam di pasar tradisional Banyuwangi, Jawa Timur, cenderung turun. Daging ayam jenis broiler dari sebelumnya mencapai Rp30 ribu turun menjadi Rp23 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pedagang di pasar tradisional Genteng Banyuwangi, Mohammad Eli, turunnya harga daging ayam ini terjadi sejak sepekan lalu. Hal ini karena berlimpahnya stok ayam boiler. Sebab, saat ini para peternak ayam memasuki massa panen.

Dia memperkirakan stok daging ayam ini masih terus melimpah hingga memasuki bulan puasa nanti.

“Iya ga naik antara Rp23-24 ribu kemarin malah justru naik sekarang malah turun. Ya kira-kira satu mingguan lah malah turun,”kata Mohammad Eli (13/6).

Sementara itu, turunnya harga daging ayam di pasaran tidak diikuti dengan turunnya harga kebutuhan pokok lainya. Itu terbukti harga sejumlah komuditi lainya di pasaran cenderung naik. Misalkan, harga telur naik menjadi Rp18 ribu perkilogramnya dari sebelumnya Rp 15 ribu perkilogramnya. Sedangkan harga ketan dari Rp11 ribu perkigram naik  menjadi Rp17 ribu perkilogram.

Naiknya harga telur dan ketat juga diikuti oleh komoditas lainya. Seperti harga kacang tanah dari Rp13 ribu naik menjadi Rp15 ribu per kilogram. Bawang putih dari Rp10 ribu naik menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Editor: Anto Sidharta

Baca juga:

Harga Bahan Pokok di Jombang Merangkak Naik

  • Jelang Ramadan
  • Harga Daging Ayam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!