NUSANTARA

Jelang Persidangan, Masyarakat Dangku Akan Gelar Demo Besar-Besaran

"KBR,Jakarta-Petani Musi Banyuasin yang dituding merambah kawasan hutan Satwa Margasatwa Dangku akan melakukan demo besar jelang sidang perdana 6 petani yang ditetapk"

Jelang Persidangan, Masyarakat Dangku Akan Gelar Demo Besar-Besaran
masyarakat dangku, petani, unjukrasa

KBR,Jakarta-Petani Musi Banyuasin yang dituding merambah kawasan hutan Satwa Margasatwa Dangku akan melakukan demo besar jelang sidang perdana 6 petani yang ditetapkan tersangka. (Baca: Konflik Lahan Berbuntut Penangkapan Warga di Musi Banyuasin)

Direktur Walhi Sumatera Selatan, Hadi Jatmiko mengatakan, demo tersebut bertujuan untuk mendesak polisi dan kejaksaan agar membebaskan teman mereka. Selain itu, Kata Hadi, lembaganya juga telah menyiapkan kuasa hukum bagi keenam petani tersebut untuk membela di pengadilan.

"Saat ini kita memang terus melakukan gelombang-gelombang aksi. Untuk 2-3 hari ke depan, kita akan turunkan target kita dari beberapa desa yang berkomples dengan Margasatwa Dangku. Setidaknya 1000 orang akan kita turunkan,"jelas Hadi kepada KBR (26/3)

Sebelumnya, enam petani Banyuasin ditetapkan sebagai tersangka. Mereka ditangkap pasca melakukan pelatihan pemetaan partisipatif wilayah adat yang diselenggarakan oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sumatera Selatan. Saat itu, polisi tidak menunjukkan surat resmi penangkapan. (Baca: Tangkap Masyarakat, Pemerintah Dituding Langgar Hak Masyarakat Adat)

Editor: Nanda Hidayat

  • masyarakat dangku
  • petani
  • unjukrasa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!