NUSANTARA

Dua Rekor Muncul di Festival Danau Sentani

"Festival Danau Sentani (FDS) ke-7 tahun ini menciptakan dua rekor baru Indonesia dalam kategori budaya. Rekor itu adalah lukisan kulit kayu sepanjang 100 meter dan sempe berdiameter 1 meter dengan tinggi 50 cm. Sempe adalah tempat membuat papeda, makanan"

Katharina Lita

Dua Rekor Muncul di Festival Danau Sentani
Rekor MURI, Festival Danau Sentani

KBR, Jayapura- Festival Danau Sentani (FDS) ke-7 tahun ini menciptakan dua rekor baru Indonesia dalam kategori budaya.

Rekor itu adalah lukisan kulit kayu sepanjang 100 meter dan sempe berdiameter 1 meter dengan tinggi 50 cm. Sempe adalah tempat membuat papeda, makanan khas dari Papua yang terbuat dari tepung sagu murni.

Senior Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Paulus Pangka mengatakan, dalam lukisan kulit kayu itu dibuat oleh dua orang pelukis Papua dan diikuti oleh 100-an pelukis lokal serta tamu undangan. Sementara pembuatan sempe juga dilakukan oleh dua orang  pengrajin dengan memakan waktu satu bulan. Dalam memutuskan rekor ini, pihaknya melakukan survei selama dua minggu di Sentani.

“Pembuat sempe, Naftali Felle dan Yonas Oyapo dan juga pembuat kulit kayu Agus Ongge Martha Ohee menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia,” jelas Paulus Pangka kepada Portalkbr, Kamis (19/6).

Festival Danau Sentani (FDS) adalah pagelaran seni dan budaya tahunan Pemkab Jayapura. Festifal tahun ini dibuka oleh Menkokesra, Agung Laksono dan dihadiri oleh tiga duta besar yakni India, Zimbabwe, dan Tunisia. Dalam ajang budaya sepanjang lima hari hingga tanggal 23 Juni mendatang juga diikuti budaya dan pesta kuliner dari warga setempat.

Editor: Anto Sidharta

  • Rekor MURI
  • Festival Danau Sentani

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!