Banyaknya

NUSANTARA

Rabu, 25 Jun 2014 13:45 WIB

Author

Adhima Soekotjo

Jalur Tikus, Penyelundupan Narkoba

KBR, Nunukan – Banyaknya “jalur tikus” dituding sebagai penyebab tingginya angka penyelundupan narkoba di perbatasan Indonesia-Malaysia. Kondisi ini yang membuat aksi kriminal jenis ini sebagai kejahatan tertertinggi di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

Menurut Kepala Kepolisian Daerah  Kalimantan Timur, Brigjen Pol Dicky Atotoy, “jalur tikus” memperludah penyelundupan narkoba di wilayah perbatasan. Selain itu, luasnya garis pantai di wilayah perbatasan juga dimanfaatkan oleh jaringan narkotika internasional.

“Kalau kita lihat posisinya Sebatik dan Nunukan yang terlalu luas, tidak akan mungkin misalnya polisi harus pagar betis menjaga semua tidak mungkin. Jadi kita juga harus selektif prioritas, ya mungkin di jalus ‘jalur tikus’ itu yang perlu kita jaga,“ ujar Dicky Daantje Atotoy kepada Portalkbr.

Hingga pertengahan Mei 2014 Kepolisian Resort Nunukan telah menangani 26 kasus narkoba  dengan jumlah tersangka 30 orang, 3 diantaranya warga Malaysia. Sementara lebih dari 2 kilogram barang bukti sabu-sabu dari Malaysia telah dimusnahkan polisi sejak awal tahun lalu.

Editor: Anto Sidharta

Baca juga:


Bea Cukai Surabaya Gagalkan Penyelundupan Narkotika Jaringan Internasional

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17