NUSANTARA

Warga Ancam Halangi Pembangunan Waduk Jatigede

Warga Ancam Halangi Pembangunan Waduk Jatigede

KBR68H, Jakarta - Warga Jatigede, Jawa Barat, mengancam akan memboikot perangkat pembangunan proyek bendungan di sana. Ketua Forum Komunikasi Rakyat Jatigede, Kusnadi mengatakan, hal tersebut akan dilakukan, kalau pemerintah menolak berkomunikasi dengan 30 ribu jiwa warga yang masih bertahan di sekitar Jatigede.

Kata dia, warga mendesak pemerintah memverifikasi ulang kepemilikan lahan warga yang sebelumnya diklaim telah dibebaskan.

"Harus ada membuka ruang dialog dengan masyarakat. Kemudian, di sesi dialog tersebut, samsat (petugas pemda), yang ditugasi memverifikasi, itu harus mampu mengakomodir aspirasi rakyat. Nah, sepanjang itu tidak dilakukan kami berstatemen di masyarakat, tak ada satu meter pun penggenangan," ungkap Kusnadi kepada KBR68H.

Ketua Forum Komunikasi Rakyat Jatigede, Kusnadi menambahkan, ada banyak persoalan tentang lahan yang diklaim pemerintah sudah dibebaskan. Misalnya, kata dia, ada kasus lahan milik warga yang baru sebagian dibebaskan, dan suratnya tertukar.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat menyatakan tak akan mengganti rugi sekira 2700an keluarga yang bermukim di sekitar Jatigede. Pemprov mengklaim mereka tinggal di atas lahan yang sebelumnya telah dibebaskan.

Editor: Antonius Eko 

  • waduk
  • jatigede
  • sumedang
  • jawa barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!