NUSANTARA

Walhi: Lokasi Waduk Jatigede Rawan Longsor

"Proyek pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, ditengarai akan membawa dampak buruk pada lingkungan. Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat Dadan Ramdan mengatakan, lokasi pembangunan waduk Jatigede melintasi lahan rawan bencana l"

gun gun gunawan

Walhi: Lokasi Waduk Jatigede Rawan Longsor
waduk, jatigede, sumedang, jawa barat, walhi

KBR68H, Jakarta - Proyek pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, ditengarai akan membawa dampak buruk pada lingkungan. Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat Dadan Ramdan mengatakan, lokasi pembangunan waduk Jatigede melintasi lahan rawan bencana longsor.

Selain itu, lahan warga yang akan dijadikan waduk juga tergolong lahan produktif karena tanahnya subur dan dekat dengan kawasan hutan lindung.

“Sejak Walhi mendampingi warga secara intensif pada tahun 2000, kita menolak pembangunan. Komisi pembangunan waduk internasional juga menolak pembangunan waduk Jatigede karena banyaknya masalah. Ini bukan soal pembayaran ganti rugi saja, tapi bagaimana adapatasi warga dari lahan lama, dari profesi lama, itu sangat penting," kata Dadan kepada KBR68H.

Pemerintah menargetkan akan memfungsikan Waduk Jatigede pada Oktober tahun ini. Proyek ini merupakan warisan pemerintahan Presiden Soekarno, dan sempat terhenti bertahun-tahun pada masa Orde Baru.

Waduk seluas hampir 5,000 hektar ini bakal menggusur ribuan keluarga. Seorang perwakilan warga Kusnadi mengatakan banyak warga yang belum dipenuhi haknya sebelum direlokasi.

Editor: Antonius Eko 

  • waduk
  • jatigede
  • sumedang
  • jawa barat
  • walhi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!