NUSANTARA

Walhi: Kepala Desa Harus Dilatih Proses Izin Penebangan

"LSM Lingkungan Walhi meminta Kementerian Kehutanan memberikan pelatihan khusus kepada Kepala Desa yang mempunyai wewenang memberik izin penebangan hutan rakyat. Pelatihan khusus ini perlu diberikan agar Kepala Desa tidak sembarangan memberikan izin tebang"

Novaeny Wulandari

Walhi: Kepala Desa Harus Dilatih Proses Izin Penebangan
gunungkidul, kementerian kehutanan, petani, tebang pohon

KBR68H, Jakarta - LSM Lingkungan Walhi meminta Kementerian Kehutanan memberikan pelatihan khusus kepada Kepala Desa yang mempunyai wewenang memberik izin penebangan hutan rakyat. Pelatihan khusus ini perlu diberikan agar Kepala Desa tidak sembarangan memberikan izin tebang pohon.

Juru Kampanye Hutan Walhi Deddy Ratih mengatakan banyak kepala desa yang tidak tahu skema perizinan penebangan hutan.

"Ya dinas setempat, jadi dari dinas setempat yang mengeluarkan izin. Dinas setempat juga harus proaktif, misalnya dengan desa-desa yang menanam kayu di atas hutan rakyat. Untuk memberikan semacam pelatihan, kepada-kepada kades-kades itu untuk dapat memproses surat keterangan asal-usul," ujar Deddy.

Petani hutan tanaman rakyat di Gunungkidul, Yogyakarta baru-baru ini ketakutan menebang kayu. Kayu yang ingin ditebang adalah kayu produksi yang mereka tanam 10 tahun lalu. Agar penebangan itu legal, petani meminta Kementerian Kehutanan mengeluarkan izin penebangan. Sebab sampai saat ini surat izin penebangan belum turun.

  • gunungkidul
  • kementerian kehutanan
  • petani
  • tebang pohon

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!