NUSANTARA

Tolak Penaikan BBM, Mahasiswa Kudus Sholat Jenazah

"Puluhan mahasiswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Gerakan Perubahan untuk Kudus (Gepuk), Selasa (18/6) kembali berunjuk rasa menolak rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Alun-alun Kudus dengan melakukan sholat Jenazah."

Tolak Penaikan BBM, Mahasiswa Kudus Sholat Jenazah
Penaikan BBM, Mahasiswa Kudus, Sholat Jenazah

KBR68H, Kudus - Puluhan mahasiswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Gerakan Perubahan untuk Kudus (Gepuk), Selasa (18/6) kembali berunjuk rasa menolak rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Alun-alun Kudus dengan melakukan sholat Jenazah.

Wartoyo, Imam Sholat Jenasah mengatakan, sholat jenasah yang dilakukan merupakan simbol kematian nurani pemerintahan SBY yang dinilai tidak peka terhadap penderitaan rakyat dengan menaikkan harga BBM. Usai melakukan sholat jenasah para mahasiswa juga mendoakan agar para pemimpin yang terlibat dalam kebijakan penaikan harga BBM diampuni oleh Tuhan.

Sementara itu Kordinator aksi, Afrinton Ribut Nugroho mengatakan, pemerintah perlu mempertimbangkan kembali rencana menaikkan harga BBM, karena dipastikan akan berpengaruh pada harga kenaikan bahan pokok dan transportasi. Alasan, subsidi BBM telah menjadi beban APBN, dinilai tidak bisa diyakini kebenarannya oleh masyarakat. Sebab, krisis energi yang terjadi di tanah air disebabkan karena tata kelola minyak dan gas yang lebih pro terhadap kepentingan asing.

Afrianton menambahkan kebijakan penaikan harga BBM, juga bakal memberikan dampak bagi industri dalam negeri yang akan melakukan efisiensi yang berujung pada pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. Terkait bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) dinilai kebijakan yang tidak tepat, karena tidak menyelesaikan masalah. "Bantuan tersebut hanya bersifat sementara. Seharusnya diupayakan solusi jangka panjang," katanya.

Demo menolak kenaikan BBM hari ini merupakan lanjutan dari aksi kemarin. Aksi diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang berasal dari berbagai organisasi antara lain: PMII Kudus, GMNI, LPH Yaphi, KAMMI, BEM Stikes Muhammadiyah, IMM, PMII Cabang Pati, dan PRD Kudus. (Ahmad Rodli)

Editor: Anto Sidharta

  • Penaikan BBM
  • Mahasiswa Kudus
  • Sholat Jenazah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!