NUSANTARA

Tiga Sekolah di Kutai Timur Rebut Penghargaan Adiwiyata Mandiri

"KBR68H, Sangatta - Tahun 2013 tampaknya menjadi tahun prestasi di bidang Lingkungan, bagi Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur."

Radio Gema Wana Prima

Tiga Sekolah di Kutai Timur Rebut Penghargaan Adiwiyata Mandiri
tiga sekolah, kutai timur, sekolah adiwiyata mandiri

KBR68H, Sangatta - Tahun 2013 tampaknya menjadi tahun prestasi di bidang Lingkungan, bagi Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Selain berhasil meraih sertifikat Adipura, Kutai Timur juga sukses meraih prestasi tertinggi dalam program sekolah Adiwiyata. Tiga sekolah masing-masing, SD 1 YPPSB, SD 3 YPPSB dan SDN 006 Sangkulirang berhasil meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri.

“Ini adalah buah kerja keras semua pihak, khususnya pihak sekolah. Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan hanya membina dan memotivasi sekolah terkait” Kata kepala BLH Kutai Timur melalui Kasubid. Pengembangan Kapasitas Kelembagaan dan Penegakan Hukum Lingkungan, Dewi.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri adalah bentuk apresiasi dari pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Lingkungan Hidup. Adiwiyata Mandiri dapat diperoleh setelah tahun sebelumnya sekolah bersangkutan meraih Adiwiyata tingkat Nasional.

“Meraih Adiwiyata Mandiri tidak mudah. Setiap sekolah harus melakukan pembinaan terhadap minimal 10 (sepuluh) sekolah.” jelas Dewi.

Selain penghargaan berskala nasional, Kutai Timur juga menyumbang 8 (delapan) sekolah Adiwiyata untuk tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Dua sekolah diantaranya juga sedang dinominasikan untuk meraih penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Pemerintah daerah Kabupaten Kutai Timur juga akan mengapresiasi langsung keberhasilan tersebut. Badan Lingkungan Hidup akan menyelenggarakan pemberian penghargaan kepada sekolah yang telah berhasil meraih prestasi. “Rencananya, tanggal 17 Juni nanti kami akan berikan penghargaan anugerah lingkungan bagi pihak yang berkontribusi pada pengelolaan lingkungan. Termasuk kepada sekolah peraih Adiwiyata.” terang Dewi.

Keberhasilan meraih prestasi dibidang Adipura dan Adiwiyata akan menjadi pemicu kinerja bagi Badan Lingkungan Hidup. “Anugerah pada tahun ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan untuk tahun depan.” Ujarnya.

Sumber: Radio Gema Wana Prima

Editor: Doddy Rosadi

  • tiga sekolah
  • kutai timur
  • sekolah adiwiyata mandiri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!