NUSANTARA

Pulau Jawa Perlu 5.000 Hektar Lahan untuk Hutan Bambu

"KBR68H, Jakarta - Pulau Jawa membutuhkan setidaknya lima ribu hektar lahan khusus untuk hutan bambu."

Gungun Gunawan

Pulau Jawa Perlu 5.000 Hektar Lahan untuk Hutan Bambu
pulau jawa, hutan bambu, lahan khusus

KBR68H, Jakarta - Pulau Jawa membutuhkan setidaknya lima ribu hektar lahan khusus untuk hutan bambu. Ketua Harian Yayasan Bambu Indonesia, Jatnika Naggamiharja mengatakan, selama ini tanaman bambu masih terpisah-pisah sehingga manfaatnya tidak terasa maksimal. Kata dia, hutan bambu dapat menurunkan tingkat pencemaran air dan penurunan kualitas tanah di Pulau Jawa. Selain itu, bila direalisasikan, hutan bambu seluas lima ribu hektar dapat meningkatkan rasio udara bersih hingga dua kali lipat lebih.

"Dan Bisa memerangi ilegal loging karena bambu itu tumbuhnya cepat dan sekali menanamnya seumur hidup. Harus ada hutan hias, hutan taman bambu, hutan produksi, dan hutan hias. Semisal jenis haur gereng, itu untuk hutan lindung, bambu sembilang, bitung kerbau, bitung tutul,bitung kekes, itu untuk tanaman pelindung," kata Jatnika ketika dihubungi KBR68H.

Ketua Harian Yayasan Bambu Indonesia, Jatnika Nanggamiharja mengatakan, penanaman bambu juga sangat dianjurkan di daerah rawan longsor dan gempa seperti daerah kaki gunung berapi. Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup akan menjadikan Pulau Jawa sebagai priorits pembangunan hutan bambu untuk memperbaiki kualitas air, udara, serta tanah.

Editor: Doddy Rosadi

  • pulau jawa
  • hutan bambu
  • lahan khusus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!