Potensi Panas Bumi PLTP Bedugul Capai 600 MW

Potensi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Bedugul, Bali diprediksi dapat mencapai 600 megawatt. Angka itu menurut Badan Geologi cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bali yang saat ini kekurangan.

NUSANTARA

Jumat, 28 Jun 2013 08:46 WIB

Author

Muliartha

Potensi Panas Bumi PLTP Bedugul Capai 600 MW

pltp, bedugul, panas bumi, bali

KBR68H, Denpasar - Potensi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Bedugul, Bali diprediksi dapat mencapai 600 megawatt. Angka itu menurut Badan Geologi cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bali yang saat ini kekurangan.

Kepala Pusat Sumber Daya Geologi Badan Geologi, Calvin karo Karo Gurusinga mengatakan, pengembangan PLTP Bedugul masih tersendat lantaran adanya penolakan dari warga. Masyarakat mengaku takut pengoperasian PLTP bisa menyebabkan air Danau Beratan kering. Padahal menurutnya, pengoperasian PLTP tidak akan menyebabkan mengeringnya sumber mata air di sekitarnya.

“Sebenarnya air itu diinjeksikan lagi ke bawah. Jadi ada sirkulasi. Praktisnya hanya diambil panasnya,” kata Calvin.

Calvin karo Karo Gurusinga menegaskan ketakutan akan kerusakan hutan akibat pengembangan PLTP Bedugul juga sangat tidak beralasan. Sebab lahan hutan yang digunakan untuk pengembangan PLTP Bedugul hanya untuk ruang turbin, perkantoran dan akses jalan.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Inggris Perpendek Masa Karantina Turis Asing

Menggunakan Sains Data untuk Atasi Kemacetan di Jakarta

Kabar Baru Jam 7

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7