NUSANTARA

Polisi Sudah Bebaskan Buchtar Tabuni

"Kepolisian Jayapura Papua mengklaim telah membebaskan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Buchtar Tabuni. Sebelumnya Buchtar sempat ditahan saat aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Cendrawasih mendukung bangsa Papua Barat masuk dalam keanggotaan "

muhammad Irham

Polisi Sudah Bebaskan Buchtar Tabuni
polisi, buchtar tabuni, OPM

KBR68H, Jakarta – Kepolisian Jayapura Papua mengklaim telah membebaskan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Buchtar Tabuni. Sebelumnya Buchtar sempat ditahan saat aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Cendrawasih mendukung bangsa Papua Barat masuk dalam keanggotaan Melanesian Spearhead Group (MSG).

Kapolres Jayapura Alfred Papere mengatakan, selama ditahan Buchtar diperiksa tentang aksi demo tersebut saat melintas di depan kampus.

“Ya, karena kita menduga awal, yang bersangkutan ikut aksi demo. Ini kan demonya sudah mengarah ke makar. Aspirasinya kan. Jadi kita hanya amankan dia, terus diambil keterangan. Jadi, pemahaman kita dia terlibat di aksi demo. Ternyata tidak,” kata Alfred kepada KBR68H.

Pekan lalu, Buhtar Tabuni menyatakan akan menggelar aksi demo mendukung Papua Barat masuk dalam keanggotaan Melanesian Spearhead Group (MSG). MSG merupakan sebuah organisasi antar pemerintah, terdiri dari Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu serta FLNKS Kaledonia Baru. Dengan menyatu di organisasi ini, Papua Barat dianggap menjadi negara yang otonom.

Editor: Antonius Eko


  • polisi
  • buchtar tabuni
  • OPM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!