Polda Papua: Tak Ada Unsur Kesengajaan pada Bencana Longsor Freeport

Kepolisian Daerah Papua mengklaim tidak menemukan adanya unsur kesengajaan terkait longsornya tambang bawah tanah PT Freeport di Tembagapura.

NUSANTARA

Rabu, 12 Jun 2013 12:11 WIB

Author

Erric Permana

Polda Papua: Tak Ada Unsur Kesengajaan pada Bencana Longsor Freeport

papua, freeport, polda

KBR68H, Jakarta - Kepolisian Daerah Papua mengklaim tidak menemukan adanya unsur kesengajaan terkait longsornya tambang bawah tanah PT Freeport di Tembagapura. Kapolda Papua Tito Karnavian mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara tidak ada indikasi kesengajaan dalam longsor tersebut.

Namun kata dia, saat ini tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan tim independen masih menyelidiki penyebab runtuhnya kawasan tambang bawah tanah tersebut.

"Kita dari polisi melihat adakah unsur kesengajaan. Sementara kita melihat tidak ada unsur kesengajaan. Sementara ini tapi kita belum selesai," ujar Tito di Gedung Rupattama, Mabes Polri.

Pada pertengahan Mei lalu, lokasi tambang bawah tanah Big Gossan milik PT Freeport runtuh. Akibatnya 28 orang tewas. Proses evakuasi berlangsung lebih dari sepekan.  Freeport mengklaim lokasi runtuh tersebut jauh dengan aktivitas tambang. Perusahaan tambang asal Amerika itu  juga tetap berencana membuka lokasi tambang bawah tanah barunya pada 2016 mendatang.

Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri

Alokasi Bijak THR Masa Pandemi

Atasi Duka Sepeninggal Orang Tersayang

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam