NUSANTARA

PKB 2013, Wahana Tukar Pengalaman Budaya Antarseniman

PKB 2013, Wahana Tukar Pengalaman Budaya Antarseniman

KBR68H, Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali melibatkan sekitar 15 ribu seniman dalam kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 yang akan berlangsung satu bulan penuh. Pesta Kesenian itu dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu kemarin.

Pesta Kesenian melibatkan lebih dari 300 kelompok seni, dari dalam dan luar negeri.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, Pesta Kesenian Bali merupakan upaya penggalian, pelestarian dan pengembangan seni tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Bali.

“kegiatan ini sangat strategis dalam merevitalisasi nilai-nilai kesenian sehingga tetap hidup dan berfungsi dalam masyarakat. Di tengah tantangan globalisasi dewasa ini perkembangan seni budaya Bali menitik beratkan pada perkembangan kehidupan seni budaya tradisional” papar Pastika.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menambahkan, kehadiran kesenian luar negeri juga telah memberi warna dalam pelaksanaan Pesta Kesenian Bali.

Keterlibatan seniman negara sahabat juga telah menjadikan PKB sebagai wahana tukar pengalaman kebudayaan antar seniman. 


Selain dari luar negeri, Pesta Kesenian Bali juga melibatkan perwakilan kesenian dari 21 provinsi di Indonesia seperti Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Riau dan Lampung.

Editor: Agus Luqman

  • Bali
  • Pesta Kesenian Bali

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!